Follow detikFinance
Senin 20 Mar 2017, 19:35 WIB

Sebelum Tarif Taksi Online Naik, Harus Ada Transportasi Publik yang Mumpuni

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Sebelum Tarif Taksi Online Naik, Harus Ada Transportasi Publik yang Mumpuni Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mulai 1 April 2017 nanti, aturan tarif batas atas dan batas bawah akan mulai diberlakukan kepada jasa transportasi taksi online. Nantinya semua kepala daerah harus mengeluarkan batasan tarif untuk mengatur keberadaan taksi online di setiap wilayahnya.

Dengan adanya ketentuan ini, maka akan membuat tarif taksi online tidak akan jauh berbeda dengan tarif taksi konvensional atau taksi resmi.

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, mengatakan pemerintah seharusnya menyediakan transportasi publik yang memadai, sebelum aturan ini diberlakukan. Hal ini, supaya para pengguna jasa tidak justru kembali menggunakan kendaraan pribadi dan menambah kemacetan, hanya karena tarif taksi online yang tidak lagi murah.

"Itu (transportasi publik) yang lebih harus mendapat perhatian utama," ungkap Djoko saat dihubungi detikFinance di Jakarta, Senin (20/3/2017).

Djoko mengatakan, bahwa pemerintah seharusnya bisa menyediakan angkutan publik yang memadai untuk masyarakat. Sehingga, masyarakat tidak akan beralih dari menggunakan taksi online ke kendaraan pribadi, hanya karena aturan ini.

"Jadi Pemda (Pemerintah Daerah) yang harus menyediakan public transport yang harganya lebih baik dan lebih murah. Memang kita akui public transport harus bagus. Andaikan public transport-nya bagus, murah, dan menjangkau pemukiman, mereka (masyarakat) juga enggak mau pakai kendaraan pribadi atau mobil," terangnya.

Menyediakan moda transportasi masa yang memadai, lanjut Djoko, sebetulnya tidak memerlukan waktu yang lama. Asalkan, pemerintah sungguh-sungguh dan komitmen untuk mengerjakannya.

"Kalau pemerintahnya niat tidak akan memakan waktu terlalu lama. Jadi tergantung kepala daerahnya. Kalau diniati pasti bisa. Negara wajib melindungi warga sebagai konsumen transportasi umum agar selamat, aman dan nyaman dalam bermobilitas," tuturnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed