Follow detikFinance
Rabu, 22 Mar 2017 20:38 WIB

Bank Dunia Proyeksi Ekonomi RI Tumbuh 5,2%, Ini Kata Sri Mulyani

Yulida Medistiara - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 ini sebesar 5,2%. Pertumbuhan konsumsi dan investasi yang lebih kuat serta harga komoditas yang lebih tinggi dinilai menjadi pendorong utama.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 5,2% tahun ini. Hal itu bisa terjadi jika inflasi Indonesia tetap terjaga di level 3-5% serta kepercayaan masyarakat pada ekonomi Indonesia masih terjaga.

"Kita akan lihat seluruh posibilitas kemungkinan sumber-sumber pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Jadi tentu kalau dilihat momentum dari sisi konsumsi selama inflasi tetap terjaga dan confident dari masarakat terjaga," ujar Sri, di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (22/3/2017).

Dia berharap agar konsumsi masyarakat bisa tumbuh di atas 5%. Serta untuk investasi tahun ini bisa tumbuh 6%, dan belanja negara diharapkan bisa meningkat sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa lebih baik daripada tahun lalu 2016, yaitu 5,02%.

"Untuk investasi bisa tumbuh sekitar di 6%, kalau itu dilakukan dengan goverment spending lebih baik pada tahun ini maka kita harap dari domestik demand, pertumbuhan momentum akan lebih positif atau kuat sehingga 5,2% adalah sesuatu yang mungkin achiveble bisa dicapai," ujarnya.

Ia menyebut pemerintah akan melakukan upaya untuk merealisasikan pertumbuhan ekonomi 5,2% tahun ini.

"Pemerintah akan terus lakukan upaya dari sisi kebijakan agar momentum itu bisa terealisir," ujarnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed