Follow detikFinance
Minggu 02 Apr 2017, 14:10 WIB

Pemprov Sumsel Dukung AKU, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Mega Putra Ratya - detikFinance
Pemprov Sumsel Dukung AKU, Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Foto: Dok. Pemprov Sumsel
Palembang - Pelaksana tugas Sekretaris Daerah provinsi Sumatera Selatan Joko Imam Sentosa, menyaksikan Pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Kelompok Usaha (AKU) provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masa bhakti 2017-2021 di Griya Agung, Sabtu (01/04/2017).

BPD AKU provinsi Sumsel masa bhakti 2017-2021 secara resmi dilantik oleh Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) AKU GKR. Mangkubumi. Ketua AKU Sumsel resmi dijabat oleh Lury Elza Alex. Untuk diketahui, Asosiasi Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera, merupakan wadah untuk menghimpun potensi dan daya saing kelompok UPPKS, juga membantu dan menjembatani kelompok UPPKS dalam mendapatkan akses modal, akses pasar, dan akses informasi.

Dalam kata sambutanya Joko mengungkapkan, kehadiran AKU di Sumsel menjadi sangat mengedepan dan strategis, apalagi dalam membantu kemaslahatan masyarakat yang diwarnai dengan kaum gender, oleh sebab itu AKU Sumsel diharapkan dapat menjembatani, memdampingi juga membina anggota UPPKS yang tersebar di seluruh pelosok daerah Sumsel.

Dihadapan hadirin, Joko juga mengatakan, keterkaitan AKU dalam menyongsong Asian Games 2018 memang sangat dibutuhkan, ditambahlagi Sumsel dari 34 yang memang saat ini menjadi provinsi semakin diperhitungkan. Oleh karenanya, peranan AKU dianggap dapat berperan aktif dalam mensejahterakan masyarakat, serta dapat berpartisipasi dalam mensukseskan program-program Pemerintah menuju Sumsel Gemilang.

"Menyongsong 2018 maka kehadiran AKU yang digagas ini menjadi sangat strategis, Insha Allah BPD AKU provinsi Sumsel akan segera eksis menjadi terobosan baru, serta bisa hadir setara dengan BPD AKU di Indonesia yang lainnya," tuturnya

"Jadi sudah sangat wajar kalau Pemprov Sumsel mendukung dan mensinergikan bersama BPD AKU provinsi Sumsel untuk kesejahteraan masyarakat dalam binaan AKU Sumsel," terangnya

Sementara Ketua Umum BPP AKU GKR. Mangkubumi mengatakan, Hadirnya AKU ini untuk membantu, mendampingi, lagi juga membina kelompok-kelompok mayoritas mikro, yang tergabung dalam kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Tujuanya untuk membantu ekonomi keluarga yang dimana mempunyai target menjadi keluarga sejahtera.

Untuk permodalanya sendiri, GKR Mangkubumi mengutarakan, BPD AKU provinsi Sumsel segera mempunyai koperasi juga galeri. Koperasi sendiri tujuanya untuk memfasilitasi anggota AKU provinsi Sumsel, sedangkan galeri tujuanya memfasilitasi produk-produk yang dihasilkan untuk segera dipasarkan.

Sekedar informasi, tambah GKR Mangkubumi, hadirnya AKU ini tidak saja hanya sekedar berekonomi menuju keluarga sejahtera tetapi AKU juga mengedukasi untuk kelompok-kelompok AKU ini mempunyai komitmen. Ditambahlagi tahun depan Sumsel menyelenggarakan Asian Games 2018, tentunya sekecil apapun itu diharapkan AKU Sumsel bisa berperan didalamnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Lury selaku motor pernggerak AKU Sumsel, mudah-mudahan kinerja dari BPD AKU Sumsel lebih maju dan berkembang dalam memajukan ekonomi yang mandiri," katanya

"Mumpung masih ada waktu untuk menghasilkan produk yang berkualitas, saya harap produk UPPKS Sumsel tidak hanya menasional, melainkan internasional" tegasnya

Ketua BPD AKU provinsi Sumsel Lury Elza Alex, menambahkan langkah awal kemajuan AKU provinsi Sumsel itu dimulai dengan melakukan konsilidasi dengan kelompok-kelompok UPPKS melalui silaturahmi maupun pertemuan-pertemuan yang lain, untuk sekedar menampung keluhan, juga sumbang saran pemikiran.

"Jadi tugas kami disini untuk membangkitkan kembali semangat wirausaha dan potensi yang ada dari kelompok-kelompok UPPKS dalam menuju maupun menyongsong, memajukan ekonomi kreatif, tidak hanya persiapan Asian Games saja, tapi juga ada jangka panjangnya," urainya

"Bentuk permodalan koperasinya juga dilakukan bersinergi bersama Pemerintah provinsi Sumsel, sehingga bisa terealisaasi sesuai tujuanya," tutupnya. (ega/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed