Follow detikFinance
Selasa 04 Apr 2017, 17:16 WIB

Dana Repatriasi Masuk Rp 122 T, JK: Silakan Beli Rumah, Beli Toko

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
Dana Repatriasi Masuk Rp 122 T, JK: Silakan Beli Rumah, Beli Toko Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Program pengampunan pajak alias tax amnesty sudah berakhir. Sebanyak Rp 122,3 triliun dana repatriasi sudah masuk ke dalam negeri.

Menurut Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK), dana repatriasi ini silakan digunakan sebaik-baiknya oleh wajib pajak (WP). Bisa untuk investasi atau kebutuhan pribadi lainnya.

"Aturannya (dana) dia kan tiga tahun harus ada di Indonesia, mau beli rumah, toko atau industri ya silakan," kata JK ditemui di kantornya, Senin (4/4/2017).

Selain dana repatriasi, pemerintah juga menyerap tebusan tax amnesty yang dibayarkan WP sekitar 2-5% tergantung periode pendaftaran. Total dana tebusan yang masuk ke kas negara Rp 114 triliun.

"Hak pemerintah hanya yang itu, tentu masuk ke negara. Kalau dana repatriasi itu dana pengusaha itu sendiri yang dimasukkan ke Indonesia, dana pemakaiannya terserah mereka, pemerintah enggak bisa mengatur," ujar JK.

Dana repatriasi ini adalah dana milik WP yang selama ini tidak dilaporkan, sehingga jika digunakan dalam negeri akan mencurigakan. Namun setelah adanya program pengampunan pajak, maka dananya ini bisa bebas digunakan untuk apa saja.

"Jadi mereka cuma dikasih pilihan-pilihan, mau properti atau industri atau saham, pasar modal maksudnya, ya silakan. Kita tidak bisa mengatur. Kita tidak bisa arahkan itu karena dana dia sendiri," ucapnya. (ang/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed