Follow detikFinance
Rabu 12 Apr 2017, 18:45 WIB

Aturan Pajak Cek Rekening Nasabah Sudah di Meja Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Aturan Pajak Cek Rekening Nasabah Sudah di Meja Jokowi Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang merupakan landasan hukum dari Automatic Exchange of Information (AEoI) telah sampai ke tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam waktu dekat aturan diharapkan bisa berlaku.

"Sudah disampaikan ke Pak Darmin kepada bapak Presiden," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantor Ditjen Bea Cukai, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Sri Mulyani menuturkan, beleid tersebut akan menyesuaikan standar aturan Internasional mengenai keterbukaan data perbankan untuk perpajakan. Lanjut Sri Mulyani, dengan payung hukum ini juga nantinya Indonesia mendapatkan data para wajib pajak (WP) yang selama ini menempatkan harta dan dananya di luar negeri.

"Sehingga kita memiliki keuntungan karena kalau dilihat dari tax amnesty ada beberapa negara itu memiliki atau menjadi tempat favorit bagi WP kita," terangnya.

"Oleh karena itu kita harus mengusahakan bahwa AEoI itu bisa jalan agar kita bisa mendapatkan access of information itu, tapi syaratnya adalah Indonesia harus memiliki akses informasi dari WP yang sama yang dimiliki oleh Ditjen Pajak di negara lain, sehingga informasi itu bisa dipertukarkan secara automatic tanpa ada halangan, itu aja," jelasnya.

Mengenai pelaksanaannya, Sri Mulyani mengungkapkan, akan terus melakukan pengawasan kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) selaku otoritas yang berwenang.

"Kita akan lihat, supaya DJP tidak dianggap memiliki concern, karena itu akan menjadi kendala. DJP harus kita reform dan terus diawasi," tukasnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed