Follow detikFinance
Sabtu 15 Apr 2017, 17:02 WIB

Harapan Jokowi, Tol Akses Tanjung Priok Tingkatkan Daya Saing RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Harapan Jokowi, Tol Akses Tanjung Priok Tingkatkan Daya Saing RI Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Beroperasinya tol akses Tanjung Priok diharapkan dapat mendukung lalu lintas truk-truk kontainer yang menuju dan keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan semakin lancarnya arus lalu lintas dari dan menuju ke Pelabuhan tersebut, ini menjadi satu dukungan tersendiri bagi kendaraan yang membawa barang menuju pelabuhan ini.

Pasalnya, dalam waktu seminggu ke depan, akan ada kapal dengan muatan 10.000 TEUs yang bakal bersandar di pelabuhan Tanjung Priok, sehingga dirasa juga berkontribusi meningkatkan daya saing produk-produk Indonesia yang akan dikirim lewat pelabuhan ini.


"Inilah terobosan-terobosan yang kita lakukan, dalam rangka daya saing produk-produk Indonesia ke luar negeri. Dan dengan kedatangan kapal itu nantinya, barang dari sini cepat masuk ke kapal, barang dari kapal cepat keluar dari Tanjung Priok, yang kita harapkan semua kontainer nanti tidak usah transit di Singapura. Karena di sini (Pelabuhan Tanjung Priok), sudah bisa merapat kapal besar," kata Jokowi saat memberikan sambutan di lokasi, Jakarta, Sabtu (15/4/2017).

"Saya ingat, ini sudah berpuluh tahun saya tahu ini kita cita-citakan. Dan Insya Allah nanti hari Minggu depan akan ada sebuah kapal besar 10.000 TEUs yang akan merapat ke Priok, itu adalah awal daya saing dari produk-produk Indonesia karena biaya feed cost-nya akan jauh lebih murah karena pelayanannya lebih baik dari kapal-kapal yang hadir di Pelabuhan Tanjung Priok," tambahnya.

Hal ini dipertegas oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang mengatakan beroperasinya jalan tol ini memberikan kepastian kepada para pelaku usaha yang selama ini mengalami kesulitan dalam aksesibilitas menuju dan keluar dari Pelabuhan Tanjung Priok.

"Jadi ada kepastian, karena selama ini barang itu lama sampai, tidak aman. Jadi ini suatu lompatan besar, kita ingin meningkatkan daya saing. Segala hal yang menjadi complain dari pelaku usaha harus kita dengarkan dan kita selesaikan," pungkasnya. (mca/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed