Follow detikFinance
Minggu 16 Apr 2017, 17:30 WIB

Ada Tol Akses Tanjung Priok, Sopir Truk Bisa Hemat Waktu 30 Menit

Danang Sugianto - detikFinance
Ada Tol Akses Tanjung Priok, Sopir Truk Bisa Hemat Waktu 30 Menit Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Beban para pengendara truk pengangkut peti kemas yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok diyakini bisa berkurang sejak adanya Tol Akses Tanjung Priok. Sebab sebelum adanya tol tersebut mereka harus berpenat ria menghadapi kemacetan akut di wilayah tersebut.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Fathur Rahman, sebelum adanya tol sepanjang 11,4 km itu pengendaran truk besar harus menghabiskan waktu 1 jam hanya untuk masuk ke pelabuhan.

"Itu satu jam waktu minimal. Karena kan akses dari JORR terputus. Jarak sedekat itu saja 1 jam lamanya," tuturnya saat dihubungi detikFinance, Minggu (16/4/2017).

Menurut Fathur, jika dibandingkan dengan jalan kondisi normal, jarak sepanjang itu seharusnya bisa ditempuh dalam waktu 11 menit saja dengan kecepatan 90 km per jam. Namun karena tol dengan pelabuhan belum terhubung, maka para kendaraan besar harus tumpah ruah di jalan non tol sekitar pelabuhan.

Fathur memperkirakan, waktu yang dibutuhkan kendaraan besar masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok hanya setengah jam dari sambungan Tol JORR. Kemacetan di jalan non tol sekitar pelabuhan juga diperkirakan berkurang hingga 40%.

"Untuk tol sependek itu hanya 11,4 km bisa percepat setengah jam itu sangat luar biasa. Terutama untuk kendaran yang sebesar itu," tandasanya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed