Follow detikFinance
Senin 17 Apr 2017, 15:30 WIB

Cerita Unik: Rumah-rumah yang Berdiri di Tengah Proyek Tol

Dana Aditiasari - detikFinance
Cerita Unik: Rumah-rumah yang Berdiri di Tengah Proyek Tol Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Masalah pembebasan lahan di berbagai proyek pembangunan jalan tol selalu menyimpan cerita unik. Salah satunya adalah keberadaan rumah yang masih berdiri kokoh di tengah proyek jalan tol.

Terbaru, adalah keberadaan rumah dua lantai di Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Rumah milik juragan warteg ini, berada di tengah ruas jalan tol Pejagan-Pemalang yang saat ini tengah dikebut pembangunannya.
Rumah Juragan Warteg di tengah Proyek jalan tol Pejagan-PemalangRumah Juragan Warteg di tengah Proyek jalan tol Pejagan-Pemalang Foto: Grandyos Zafna

Baca Juga: Ada Rumah Juragan Warteg di Tengah Tol Pejagan-Pemalang

Belakangan diketahui, rumah ini belum dibongkar lantaran negosiasi masalah nilai pembebasan tanah belum menemukan kata sepakat dan tengah dalam proses hukum di tingkat Mahkamah Agung.

Rumah ini bukan satu-satunya. Masih di ruas jalan tol yang sama, perkara serupa juga pernah terjadi. Rumah yang berdiri di atas lahan seluas 720 meter persegi tersebut berlokasi di Desa Rancawuluh, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Begini Kisah Rumah Kesepian di Tengah Jalur Tol Pejagan-Pemalang

Kejadian serupa juga pernah dijumpai detikFinance di lokasi Proyek jalan tol Depok-Antasari. Misalnya di Jalan Raya Margasatwa yang terhubung dengan Jalan Bango Cilandak Jakarta Selatan, terlihat beberapa hunian dan kios atau toko yang berada di tengah-tengah rencana perlintasan tol.

Baca Juga: Ada Rumah di Tengah Jalur Proyek Tol Depok-Antasari, Ini Buktinya

Bangunan yang kokoh berdiri di tengah jalan tol juga dijumpai di Proyek tol Cinere-Jagorawi. Tak hanya berdiri kokoh, bangunan yang belakangan diketahui ternyata sebuah musala ini juga berdiri menjulang di atas tanah yang sekelilingnya sudah dikeruk.
Bangunan yang berdiri menjulang di tengah proyek jalan tol CijagoBangunan yang berdiri menjulang di tengah proyek jalan tol Cijago Foto: Fadhly F Rachman

Baca Juga: Aneh, Bangunan Ini Berdiri di Tengah Jalan Tol Cijago Seksi II

Hambatannya bukan masalah nilai ganti rugi yang belum sesuai, melainkan masalah sengketa ahli waris. Sebenarnya, sang pemilik lahan sudah menghibahkan tanah tersebut untuk dibangun musala. Bila mengikuti prosedur, pemilik proyek cukup membangun musala pengganti di lokasi yang baru.

Perkara menjadi rumit lantaran keluarga dari istri-istri pemilik lahan tempat berdirinya musala itu saling mengklaim bahwa mereka adalah pemilik sah dari tanah tersebut. (dna/mkl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed