Follow detikFinance
Selasa 18 Apr 2017, 16:53 WIB

Trump Sebut RI Curang, JK Mau Klarifikasi ke Wapres AS

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
Trump Sebut RI Curang, JK Mau Klarifikasi ke Wapres AS Wapres AS, Mike Pence (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, akan berkunjung Indonesia. Kunjungan Pence ini akan dijadikan oleh pihak Indonesia untuk mengklarifikasi soal neraca perdagangan Indonesia yang surplus.

"Setidak-tidaknya kita juga ingin menjelaskan bahwa kenapa perdagangan antara Indonesia-Amerika surplusnya di Indonesia. supaya lebih adil," ujar JK di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017).

Selain itu, Indonesia juga ingin mendengarkan soal langkah-langkah pemerintahan Donald Trump soal kebijakan ekonomi.

"Posisi kita karena mereka baru justru kita ingin mendengarkan apa kebijakan Trump itu yang berpengaruh terhadap kita," kata JK.

Rencananya, Pence akan melakukan courtesy call dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis 20 April 2017 besok. Pence juga akan menghadiri forum bisnis dengan pengusaha Indonesia.

Menurut JK, investasi terbesar AS di Indonesia dalam bidang energi. Investasi energi itu diakui JK sangat dibutuhkan Indonesia karena membutuhkan modal dan teknologi tinggi. JK juga akan menerima Pence di Istana Wapres.

"Kita sudah bicarakan pendahuluannya, bagaimana Natuna, IDD, di Chevron dan sebaginya. Karena mereka juga sebenarnya sangat ingin untuk melanjutkan proyek-proyek itu. Jadi umumnya bidang energi dan teknologi tinggi lah," terangnya.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump, akan menyelidiki negara-negara mitra dagangnya yang menyebabkan neraca perdagangan AS defisit, salah satunya Indonesia.

Beberapa media luar negeri menyebut, negara yang menyebabkan perdagangan AS defisit alias tekor itu sudah berlaku tidak adil alias curang. (fiq/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed