Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 13:11 WIB

Sejak Jadi Presiden, Jokowi Bidik Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Sejak Jadi Presiden, Jokowi Bidik Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan Foto: Bundaran HI/ Mustaqim
Jakarta - Rencana pemindahan ibu kota ke luar Jawa dibahas sejak awal pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pemerintah membidik Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru sejak rencana pemindahan itu dikaji.

Proses kajian itu berlangsung di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Menurut Andrinof Chaniago, mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas di awal pemerintahan Jokowi, kajian calon ibu kota baru antara lain meliputi soal ketersediaan lahan, kondisi lahan, dan lokasi geostrategis

"Kecenderungannya ke Kalimantan, itu saja. Mengerucutnya ke Kalimantan," ujar mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Andrinof Chaniago, kepada detikFinance, Kamis (20/4/2017).

Baca juga: Ibu Kota RI Mau Dipindah ke Luar Jawa, Ini Alasannya

Kenapa Kalimantan yang dibidik? Andrinof menjelaskan, luas daratan Kalimantan itu lebih dari 30% total daratan Indonesia.

Selain itu, penduduknya hanya sekitar 9% dari total penduduk Indonesia.

"Jadi kontras dengan kondisi di Jawa. Jawa luas daratannya kurang dari 7% dari total luas daratan Indonesia. Penduduknya hampir 60%," terang Andrinof.

Bukan itu saja, Kalimantan dilirik sebagai ibu kota baru karena tidak ada potensi gempa bumi. Lokasinya juga masih dekat Jawa, sehingga bisa menjaga kesinambungan pergerakan ekonomi.

Baca juga: Jokowi Ingin Ibu Kota di Luar Jawa, Palangka Raya Berbenah

Menurut Andrinof, Kalimantan sangat luas sehingga lokasi ibu kota yang dikaji tak hanya Palangka Raya di Kalimantan Tengah, tapi terbuka peluang kota-kota lainnya di Kalimantan.

"Kalimantan itu luasnya bukan main, peluang-peluang lokasinya banyak, bisa di Kalimantan Selatan, bisa di Kalimantan tengah bagian selatan, bisa di Kalimantan Timur. Cukup banyak alternatifnya," kata Andrinof. (hns/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed