Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 16:39 WIB

Alasan Banyak Orang Doyan Lapor SPT di Menit-menit Akhir

Hendra Kusuma - detikFinance
Alasan Banyak Orang Doyan Lapor SPT di Menit-menit Akhir Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hari terakhir pelaporan SPT Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) 21 periode 2016 masih banyak dilakukan oleh masyarakat. Meskipun setiap tahunnya pelaporan sudah bisa dilakukan sedari awal tahun 2017.

Berdasarkan UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), pelaporan SPT Tahunan bisa dilakukan sejak awal tahun hingga 31 Maret untuk wajib pajak (WP) orang pribadi, dan 30 April bagi WP badan.

Pelaporan SPT periode 2016 khususnya bagi WP orang pribadi juga telah diperpanjang oleh Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) hingga 21 April 2017. Namun, perpanjangan ini tidak membuat banyak WP yang melapor di hari terakhir.

Lalu, apa kata masyarakat yang melaporkan di hari terakhir pelaporan ?

Berlokasi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Menteng I, Jakarta Pusat. Bambang, salah satu pekerja di media elektronik ini mengaku lupa jika pelaporan SPT Tahunan periode berakhir pada 21 April 2017.

"Saya baru lapor SPT, karena saya kelupaan, tadi saya bikin efin, terus isi SPT di kantor saja," jelasnya di KPP Menteng I, Jakarta, Jumat (21/4/2017).
Alasan Banyak Orang Doyan Lapor SPT di Menit-menit AkhirFoto: Hendra Kusuma-detikFinance
Selanjutnya, Yudi salah satu pegawai swasta ini mengaku baru memiliki waktu luang untuk melaporkan SPT di hari terakhir. Dia mengaku, sedari awal tahun memiliki banyak pekerjaan.

"Kebetulan saya lagi banyak kerjaan, karena sekarang terakhir, saya izin dan sempatkan untuk lapor," kata Yudi.

Baca juga: Mau Lapor SPT Pajak? Begini Caranya

Dia mengaku, sempat terbesit untuk tidak melaporkan kewajibannya. Sebab, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama tidak lagi melayani pelaporan secara manual jika sudah melewati batas waktu yang ditetapkan.

"Tadi ngobrol dulu sama teman, dan ternyata bisa lapor secara online lewat e-Filing, karena kalau manual enggak mungkin ke kejar, karena KTP saya Bandung," jelasnya.
Alasan Banyak Orang Doyan Lapor SPT di Menit-menit AkhirFoto: Hendra Kusuma-detikFinance

Berbeda lagi dengan Roy, salah satu marketing di perusahaan swasta ini. Dia mengaku baru melaporkan SPT di hari terakhir karena memang malas untuk melaporkan.

"Karena saya saja yang malas, sekarangkan tingga di Bogor, dan sekarang baru ambil bukti potongnya di kantor lama," kata Roy.

Dia mengungkapkan, melaporkan di hari terakhir karena memang sudah menjadi kewajiban warga Indonesia. "Bukan karena takut denda, tapi memang keinginan saya melapor pajak, tandasnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed