Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 20:15 WIB

Mentan Beri Bantuan Rp 177 M ke 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo

Danang Sugianto - detikFinance
Mentan Beri Bantuan Rp 177 M ke 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Gorontalo - Hari ini merupakan hari menggembirakan bagi para petani di Gorontalo. Sebab Kementerian Pertanian menyalurkan bantuan sebesar Rp 177,16 miliar yang berasal dari dana APBN 2017.

Bantuan dana tersebut guna menyukseskan gerakan percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) untuk padi dan jagung serta upaya khusus Sapi Induk Wajib Bunting (Siwab).

Dari total dana yang disalurkan untuk 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo. Terdiri dari Kota Gorontalo sebesar Rp 2,48 miliar, Kabupaten Bone Bolango sebesar Rp 15,36 miliar, Kabupaten Boalemo sebesar Rp 44,72 miliar, Kabupaten Gorontalo sebesar Rp 49,1 miliar, Kabupaten Gorontalo Utara sebesar Rp 26,82 miliar dan Kabupaten Pohuwato sebesar Rp 38,69 miliar.

Mentan serahkan bantuan Rp 177 miliar ke 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo/Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Dana tersebut juga disalurkan dalam berbagai bentuk, seperti bantuan alat dan mesin pertanian, pengembangan kawasan pertanian, hingga asuransi usaha petani padi dan peternak sapi. Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, berharap bantuan tersebut bisa memaksimalkan produksi pertanian dan peternakan di Gorontalo.

"Dengan asuransi bisa tenang. Padinya kena banjir dibayar oleh asuransi, sapinya mati diganti, asal jangan dipotong ya. Selama ini belum ada asuransi untuk petani dan peternak," tuturnya di Gorontalo, Jumat (21/4/2017).

Amran juga merasa bangga dengan Gorontalo. Sebab di provinsi ini mampu memproduksi jagung hingga 10 ribu ton per hari. Jika hal itu juga terjadi di sentra jagung lainnya, maka tidak ada lagi cerita impor jagung di Indonesia.

"Kami bayangkan gerakan pertanian Gorontalo luar biasa. Kalau seluruh wilayah Indonesia seperti Gorontalo tidak ada impor," imbuhnya.

Mentan serahkan bantuan Rp 177 miliar ke 6 Kabupaten/Kota di GorontaloMentan serahkan bantuan Rp 177 miliar ke 6 Kabupaten/Kota di Gorontalo Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Selain itu dia juga mengapresiasi pemerintahan di Gorontalo yang begitu kompak. Mulai dari Gubernur hingga Bupatinya kompak untuk meminta dirinya untuk mengubah kebijakan penyaluran benih jagung yang tidak lagi untuk lahan jagung bekas.

"Kami bangga hadir di Gorontalo, yang buat kami terharu begitu kompaknya pemerintahan di sini. Kami terharu melihat gerakan Gorontalo. Kam tahu 2013 di sini bantual peralatan hanya 20 unit, sekarang jadi 7.300 unit," pungkasnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed