Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 09:50 WIB

Pesan Sri Mulyani di Harkitnas: Bersatu Membangun Indonesia

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Pesan Sri Mulyani di Harkitnas: Bersatu Membangun Indonesia Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini menghadiri upacara memperingati hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei lalu. Upacara ini dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai lingkup Kementerian Keuangan.

Bertempat di halaman gedung Kementerian Keuangan Lapangan Banteng, upacara dimulai pada jam 08.00 WIB setelah Sri Mulyani sebagai pembina memasuki lapangan upacara.

Dengan mengenakan pakaian blazer putih dan rok hitam, Sri Mulyani memimpin langsung upacara yang dihadiri oleh para peserta yang juga mengenakan pakaian warna serupa.

Dalam pidatonya, Sri Mulyani menekankan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan merata.

"Kita memahami bahwa kebangkitan nasional merupakan satu simbol bangsa Indonesia untuk bersatu membangun Indonesia. Perjuangan tidak seharusnya kita sia-siakan. Para pejuang melewati berbagai macam proses, hingga lahirnya ide betapa pentingnya kesadaran akan persatuan dan kesatuan dalam berbangsa, persatuan dalam mewujudkan Indonesia Raya," katanya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Sri Mulyani menjelaskan bahwa kunci dari pembangunan adalah pembangunan yang merata. Mulai dari pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah hingga memperbaiki kualitas sumber daya manusia Indonesia. Untuk itu diperlukan rasa persatuan dan kesatuan dari segenap bangsa dalam mewujudkannya.

"Saya berharap pada peringatan ini, menjadi momentum bagi kita untuk makin menyampaikan rasa persatuan di antara kita semua. Persatuan untuk Indonesia Raya yang selalu kita nyanyikan. Indonesia dari awal lahirnya adalah negara yang bhinneka. Dia tidak bisa dijadikan hanya satu agama, satu jenis, satu suku atau satu ras. Dia adalah bhinneka dari lahirnya, dan kita harus menyuarakan kebhinnekaan di dalam semangat persatuan kita untuk menjaga NKRI," tutur dia.

Secara khusus, Sri Mulyani berpesan kepada kepada generasi muda di jajaran Kementerian Keuangan, betapa pentingnya peranan mereka dalam mengelola keuangan negara. Pasalnya, kebangkitan nasional juga diinisiasi oleh organisasi kepemudaan yang terpelajar, Budi Utomo. Hal ini sesuai dengan komposisi pegawai di Kementerian Keuangan yang didominasi oleh generasi muda.

"Kalau dulu kita ingin bersatu untuk menyatukan segala perbedaan dan bersatu untuk bersama mendeklarasikan ide negara Indonesia, sekarang relevan untuk menjembatani perbedaan-perbedaan juga, tapi juga bersatu mewujudkan Indonesia merdeka dari penjajahan, kemiskinan, merdeka dari kebodohan, keterbelakangan. Bagaimana mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur, tapi juga loyalitas terhadap ide kesatuan," pungkasnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed