Follow detikFinance
Selasa 23 May 2017, 19:01 WIB

JK: Investment Grade Sinyal ke Investor Asing Bahwa RI Stabil

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
JK: Investment Grade Sinyal ke Investor Asing Bahwa RI Stabil Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan dua manfaat yang didapat Indonesia pasca meraih predikat investment grade. Pertama, adalah sinyal untuk investor asing bahwa kondisi Indonesia stabil secara umum, baik politik maupun ekonomi.

Ini akan mampu mendorong investor untuk tidak ragu menempatkan modalnya di tanah air.

"Ini memberikan keyakinan kepada investor asing untuk mengetahui bahwa Indonesia itu stabil. Pengusaha itu kan selalu berfikir untuk adanya stabilitas di samping faktor lainnya," ungkap JK di rumah dinasnya, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Hal kedua, yaitu bunga atas utang yang ditarik nantinya bisa menjadi lebih rendah.

"Bunga pinjaman Indonesia keluar bisa lebih rendah daripada BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) yang dibawanya," terangnya.


Secara umum, menurut JK arahnya adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih tinggi. Di samping itu juga tetap memperhatikan kondisi pemerataan antar pendapatan masyarakat dan antar wilayah.

Akan tetapi ada beberapa catatan, agar investasi yang diharapkan bisa terealisasi dengan lancar.

"Dengan itu saja tidak cukup, ada upaya bersama dengan upaya untuk memperbaiki sistem perizinan administrasi, lahan, keamanan," terangnya.

JK menuturkan catatan tersebut telah dibahas dalam rapat kabinet terbatas yang dihadiri menteri terkait. Selanjutnya akan disampaikan kepada pemerintah daerah.

"Presiden memerintahkan menteri menteri untuk memperbaiki prosedur di kementerian dan daerah agar penilaian ini menjadi (nyata)," tegas JK.

Terkait dengan ekonomi kuartal II-2017, JK optimis bisa tumbuh lebih tinggi dari kuartal sebelumnya maupun periode yang sama di tahun lalu. Faktor pendorongnya adalah peningkatan belanja pemerintah dan investasi swasta. Sedangkan konsumsi dinilai stabil.

"Kita harapkan kuartal kedua lebih baik dari sebelumnya. Selalu begitu trennya," imbuhnya. (mkj/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed