Follow detikFinance
Kamis 25 May 2017, 11:58 WIB

Jaga Situasi Ekonomi, Pengusaha: Usut Tuntas Dalang Teror Bom

Michael Agustinus - detikFinance
Jaga Situasi Ekonomi, Pengusaha: Usut Tuntas Dalang Teror Bom Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta, tadi malam tidak berdampak signifikan pada aktivitas perekonomian nasional. Tapi pemerintah harus sigap mengusut tuntas teror bom ini untuk menjaga kepercayaan dari dunia usaha.

"Kita semua mengutuk keras kasus itu, ini perbuatan keji yang melukai bangsa. Pemerintah harus segera menangkap dan mengusut tuntas dalang insiden ini. Kita harus sigap menunjukkan bahwa kita bisa mengatasinya," kata Ketua Tim Ahli Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sutrisno Iwantono, kepada detikFinance, Kamis (25/5/2017).

Dia mengatakan, dalang teror bom Kampung Melayu berupaya merusak situasi kondusif di dalam negeri. Pemerintah harus bisa menyelesaikannya agar iklim ekonomi tetap bagus.

"Kita baru dapat Investment Grade dari S&P. Hal-hal semacam ini kontra produktif. Ini ujian bagi kita untuk menyelesaikan krisis ini," ucapnya.

Iwan mengajak para pengusaha untuk tetap tenang, tidak panik, menjalankan bisnis seperti biasa untuk menjaga stabilitas nasional.

"Kita mengimbau pengusaha tetap tenang dan menjaga keadaan tetap kondusif. Kita sudah teruji berulang kali. Investasi di pasar modal misalnya, sudah terbiasa dengan demonstrasi-demonstrasi, tidak panik," katanya.

Para investor asing juga diimbau tetap tenang, secara umum situasi Indonesia masih aman dan terkendali. Teror bom di Kampung Melayu tidak mencerminkan kondisi Indonesia secara keseluruhan.

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cinta damai. Pelaku teror bom hanya segelintir kaum radikal yang sangat minoritas di Indonesia.

"Perwakilan-perwakilan usaha asing kita harapkan bisa ikut menjelaskan kondisi di Indonesia, bahwa ini dilakukan oleh oknum. Kita harus bisa menjelaskan pada calon investor asing bahwa kita masih kondusif," tutupnya. (mca/try)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed