Follow detikFinance
Selasa 30 May 2017, 11:18 WIB

Menhub Resmikan Jaconnexion, Ke Bandara Bisa dari Hotel dan Mal

Heldania Ultri Lubis - detikFinance
Menhub Resmikan Jaconnexion, Ke Bandara Bisa dari Hotel dan Mal Foto: Heldania Utri Lubis-detikcom
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi hari ini meresmikan angkutan Bandara yang diberi nama Jaconnexion yang bakal mengantar warga Ibu Kota dan sekitarnya menuju Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Jaconnexion adalah moda transportasi umum berbentuk bus yang berangkat secara berjadwal dari hotel dan mal menuju Bandara Soetta.


Peresmian itu dilakukan oleh Budi di Plaza Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dalam sambutannya Budi mengatakan bahwa tujuan diresmikannya Jaconnexion adalah bagian dari upaya mendorong penggunaan angkutan umum di wilayah Jabodetabek.

"Penggunaan itu harus kita tingkatkan, mengingat jumlah penduduk di wilayah Jabodetabek akan terus bertambah. Oleh karena itu adanya Jaconnexion ini merupakan suatu keharusan," ujarnya di Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (30/5/2017).

Budi menyebut bahwa pada tahun 2017, jumlah penumpang di Bandara Soetta, termasuk terminal 3, diperkirakan menyentuh angka 75 juta penumpang per tahun. Sementara itu, jumlah penumpang yang dilayani oleh angkutan umum bus reguler baru mencapai 7,5 juta penumpang per tahun.

"Makanya saya sekarang sedang membahas supaya diperbanyak. Karena banyak yang minta (angkutan umum ke Bandara). Sekarang 91, kalau 1000 juga masih ekonomis sebenarnya," sebut Budi.


Ia menambahkan, Jaconnexion akan memberikan solusi dari kemacetan warga ibu kota menuju Bandara. Karena saat ini masih banyak penumpang menuju Bandara yang dilayani mayoritas kendaraan pribadi. Meskipun saat ini telah tersedia taksi di Bandara, namun harganya juga masih relatif tinggi, sedangkan harapan masyarakat adalah adanya pelayanan yang baik dan harga yang murah.

"Untuk memenuhi harapan tersebut maka pelayanan angkutan yang lebih massal sangat diperlukan. Saya melihat potensi penumpang Bandara yang sangat tinggi, untuk itu saya persilakan para operator untuk menggarap potensi tersebut," imbuhnya.

Budi menyebut bahwa Jaconnexion ini merupakan pelayanan angkutan perkotaan dari beberapa hotel yang ada di wilayah Jabodetabek yang bekerja sama dengan sejumlah operator angkutan dan para pengelola hotel. Ia berharap agar kerjasama tersebut dapat terus ditingkatkan.

"Serta dikembangkan dalam rangka memenuhi kebutuhan pergerakan masyarakat dari Bandara ke hotel-hotel yang menjadi tujuan mereka di Jabodetabek," tuturnya.

Aplikasi MOOVIT

Selain meresmikan Jaconnexion, dalam kesempatan itu Budi juga meresmikan aplikasi angkutan umum "MOOVIT". Moovit adalah aplikasi yang bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh layanan transportasi di Jakarta seperti JR Connexion, TJ, KRL dan angkutan umum lainnya.

"Saya juga berharap agar aplikasi ini dapat membantu masyarakat memperoleh informasi mengenai pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh dan jenis moda yang dikehendaki. Sehingga masyarakat menjadi semakin tertarik untuk menggunakan angkutan umum," tutup Budi.

Acara ini juga turut dihadiri oleh Walikota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Walikota Bogor Bisma Aryo Sugiarto. Selain itu Kepala BPTJ Elly Sinaga serta sejumlah operator seperti Perum Damri, PPD, Sinarjaya Megah Langgeng dan PO juga terlihat hadir. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed