Follow detikFinance
Selasa 06 Jun 2017, 19:08 WIB

Raih Investment Grade, RI Berpotensi Serap Investasi Rp 9.300 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Raih Investment Grade, RI Berpotensi Serap Investasi Rp 9.300 T Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memastikan Indonesia akan kebanjiran dana segar dari investasi. Ini terjadi karena Indonesia meraih investment grade.

Pasca S&P memberikan investment grade banyak perbankan internasional yang menawarkan financing ke Indonesia. Dana yang disiapkan mencapai US$ 700 miliar atau setara Rp 9.300 triliun (Kurs Rp 13.300)

"Kita bahkan bisa mengkases US$ 700 bilion investment fund yang selama ini enggak bisa masuk ke Indonesia karena kita belum investment grade. Suplai financing lebih banyak sehingga ada kompetisi dari financing, sehingga cost financing lebih rendah," kata Sri Mulyani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Sri Mulyani menyebutkan, selama ini banyak investor yang tidak bisa mengakses karena Indonesia belum mendapatkan peringkat investment grade dari 3 lembaga pemeringkat, Fitch Rating, Moody's dan S&P.

"Jadi estimasinya ada sekitar investment fund dana yang dikelola sekitar US$ 700 billion, berarti mampu untuk invest ke Indonesia dan nanti akan lihat untuk mengkoneksikan, sehingga terjadi jumlah yang lebih banyak entah minat di surat utang, atau pembiayaan infrastruktur, nanti kita akan kembangkan," tegasnya.

Di tempat yang berbeda, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan, dana investasi baru tersebut diproyeksikan akan masuk ke portofolio maupun FDI.

"Yang portfolio investment itu langsung ada beberapa aset management company atau aset management protfolio manajer yang dikelola oleh bank-bank besar multinasional yang besar, seperti JP Morgan, Bank of America, mereka begitu ketika RI dapat investment grade, portfolio mereka bisa mereka besarkan, dan lumayan, sehingga akibatnya dia bisa menempatkan ke RI lebih besar," kata Agus. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed