Follow detikFinance
Rabu 14 Jun 2017, 20:37 WIB

Layani Mudik Lebaran, AP II Tambah 2.663 Slot Penerbangan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Layani Mudik Lebaran, AP II Tambah 2.663 Slot Penerbangan Ilustrasi Penerbangan AP II (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - PT Angkasa Pura II (Persero) menambah 2.663 slot penerbangan untuk melayani mudik Lebaran tahun ini di 13 bandara. Adapun masa angkutan Lebaran tahun ini dimulai sejak H-10 hingga H+15.

"Angkasa Pura II dapat jumlah periode angkutan Lebaran sebanyak 2.663 extra flight. Terdiri dari 8 atau 9 maskapai," kata Direktur Utama Angkasa Pura II, M Awaluddin di Bengawan Restaurant At The Plaza, Jakarta Pusat, Rabu (14/6/2017).

Meski melayani penerbangan tambahan dalam mudik Lebaran tahun ini, Awaluddin menyebutkan bahwa jumlah tersebut tidak terlalu banyak. Pasalnya jika dibandingkan dengan jumlah penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang mencapai 1.400 penerbangan per hari.

Selain itu, Angkasa Pura II juga menambah operasional 13 bandara. Tambahan jam operasional bandara perlu dilakukan untuk melayani adanya tambahan penerbangan yang mencapai 2.663 selama mudik Lebaran.

Awaluddin mengatakan sedikitnya sudah ada 3 bandara yang dioperasikan Angkasa Pura II mencapai 24 jam, antara lain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Kualanamu, dan Bandara Halim Perdanakusuma.

"Ada 10 bandara jam operasional tidak 24 jam contoh Pekanbaru, Palembang sampai jam 21.00, Silangit sampai 17.00 saja, dengan angkutan lebaran saya pastikan enggak boleh," kata Awaluddin.

Pihaknya menambahkan, pergerakan pesawat selama musim mudik Lebaran tahun ini mencapai 59.300 atau naik hingga 3,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Pergerakan aircraft movement 27 hari dalam periode angkutan Lebaran kita estimasikan 59.300 pergerakan pesawat tumbuh 3,6-3,7% dibandingkan periode tahun lalu," kata Awaluddin.

Untuk memaksimalkan pelayanan angkutan Lebaran tahun ini, Angkasa Pura II akan meningkatkan keselamatan, keamanan, dan pelayanan.

"Safety, buat kami harga mati, kita tidak ingin korbankan safety. Security, saya sudah instruksikan level of security dalam periode Lebaran saya katakan zero tolerance, semua yang berunsur metal harus dilepas. Karena kita tidak ingin memberikan toleransi terhadap security," tutur Awaluddin. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed