Follow detikFinance
Kamis 13 Jul 2017, 12:30 WIB

Bongkar Pasang Menteri Ekonomi Tak Disukai Investor

Hendra Kusuma - detikFinance
Bongkar Pasang Menteri Ekonomi Tak Disukai Investor Foto: Tim Infografis: Mindra Purnomo
Jakarta - Bongkar pasang jajaran kabinet kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menguat belakangan ini. Istilah yang dikenal reshuffle ini tengah diperbincangkan dan ditunggu-tunggu kebenarannya.

Di usia pemerintahan kabinet kerja yang sudah 2,5 tahun juga rupanya akan memberikan dampak terhadap banyak sektor. Salah satunya di pasar modal. Analis Samuel Sekuritas Lana Soelistiyaningsih mengatakan, reshuffle akan menimbulkan efek negatif meskipun hak prerogatif Presiden Jokowi.

"Kalau berdasarkan ekonomi itu cukup bisa menimbulkan kinerja yang kurang positif bagi investor, kenapa menterinya diganti," kata Lana saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Kamis (13/7/2017).


Jika benar melakukan reshuffle, Lana berpendapat seharusnya keputusan Presiden Jokowi bukan dikarenakan untuk memenuhi hasrat perpolitikan. Sebab, perombakan pada menteri juga akan berdampak kepada organisasi turunannya.

"2 tahun lalu kan sudah ada, kalau reshuffle yang di kementerian vital akan membuat efektifitas terganggu," tambahnya.

Meski demikian, Lana menyebutkan, reshuffle dalam waktu dekat masih belum perlu direalisasikan oleh Presiden Jokowi. Dia juga meminta, Mantan Wali Kota Solo ini tidak menempatkan para anggota partai politik untuk mengisi jabatan para menteri yang nantinya kena perombakan.

Sebab, jika ada orang partai politik maka jelas alasan Presiden Jokowi hanya untuk mengamankan perpolitikan di 2019.

"Kalau dari situ ketahuan, kalau itu mengakomodir politik, kalau profesional semua mengaku, sebenarnya tidak apa-apa partai non partai, jadi kalau kebanyakan partai sudah terlihat untuk kepentingan di 2019, yang jelas kalau menteri pindah tempat itu kurang baik, program kerja akan terbengkalai," tukas dia. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed