Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 20:45 WIB

Begini Strategi Mentan Jadikan RI Lumbung Pangan Dunia di 2045

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Begini Strategi Mentan Jadikan RI Lumbung Pangan Dunia di 2045 Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, telah menyiapkan desain Indonesia lumbung pangan 2045. Dalam menyiapkan desain ini, Amran meminta masukkan dari pakar.

"Kita sudah ada buat grand design sampai 2045. Kami kumpulkan para pakar, profesor, praktisi semua kita kumpulkan bukunya sudah jadi sampai 2045. Tinggal nanti kita serahkan dari generasi ke generasi sampai 30 tahun ke depan sampai ini menjadi panduan," terang Amran saat mengisi Leadership Training 2017 Mempersiapkan Generasi Muda Pertanian Wujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045, di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (17/7/2017).

Dalam desain tersebut Mentan menargetkan program swasembada sejumlah bahan pokok. Misalnya swasembada padi bawang merah dan cabai yang sudah tercapai di tahun 2016 lalu. Kemudian selanjutnya Amran berencana untuk melakukan swasembada jagung.


Selanjutnya, pada program swasembada 2019 mendatang, Amran menargetkan swasembada gula konsumsi, lalu swasembada kedelai di 2025, swasembada gula industri pada 2026, swasembada daging sapi pada 2033 dan impian paling tinggi adalah menjadi lumbung pangan dunia pada tahun 2045.

Oleh karena itu, selain menyusun sejumlah program guna mewujudkan impian besar tersebut, Amran menggenjot upaya tersebut dengan menggerakkan seluruh pelaku sektor pertanian termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pertanian.


Amran memotivasi para pegawai Kementan untuk terus meningkatkan kontribusi di sektor pertanian hingga cita-cita Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tak menjadi impian semata.

"Ini kita lakukan pelatihan untuk umur 40 ke bawah kami ingin memberikan motivasi agar kinerjanya bisa meningkat daripada sebelumnya. Sumber daya manusia sangat strategis sangat penting kalau ini kita benahi dengan baik, kita latih mereka insyaallah negeri ini bisa maju khususnya pertanian. Kita bisa jadi lumbung pangan dunia," jelasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed