Follow detikFinance
Selasa 25 Jul 2017, 15:39 WIB

Anggota DPR: Bicara Pindah Ibu Kota, Malu Kita

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Anggota DPR: Bicara Pindah Ibu Kota, Malu Kita Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Mayoritas anggota Komisi XI DPR menolak dana kajian pemindahan ibu kota Rp 7 miliar yang dialokasikan ke APBN Perubahan 2017 kepada Kementerian Perencana Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Tahun 2017.

Kajian pemindahan ibu kota dirasa tak perlu dilakukan saat ini, mengingat beberapa faktor yang perlu diperhatikan.

"Kalau kita bicara pemindahan ibu kota, malu kita. Apa urgensinya? Kita ini kan representasi dari rakyat. Presiden juga dipilih oleh rakyat. Jadi dia (Presiden) harus mewakili rakyat tindak tanduknya. Maka itu kita sampaikan ke dia (Presiden), itu (pemindahan ibu kota) dikaji (dipikirkan lagi) saja dulu. Kalau memang mau pemerintah buat kajian, ya suruh saja swasta," kata Wakil Ketua Komisi XI DPR, Hafisz Tohir, saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Menurutnya, perjalanan pemerintahan saat ini yang baru memasuki tahun ketiga tak seharusnya memikirkan sesuatu yang tak mencerminkan kebutuhan penting masyarakat saat ini. Namun demikian, ia tak menampik, pemindahan ibu kota perlu dilakukan mengingat kondisi yang ada di Jakarta saat ini telah cukup padat.

Untuk itu, ia menganjurkan alokasi kajian pemindahan ibukota tersebut sebaiknya dianggarkan tahun depan.

"Di dalam siklus politik, tahun ketiga Presiden itu kalau dia kepilih, tahun pertama itu hiruk pikuk, tahun kedua, barulah dia memperbaiki. Artinya Jokowi sudah melakukan di tahun kedua cukup baik dengan merangkul tujuh partai," ujar Hafisz.

"Tahun ketiga, ini ujian dia (Presiden) harus lepas landas. Kalau tahun ini berhasil, kita baru bisa bicara tahun keempat, tahun kelima. Itu teori politik. Kalau kita bicara terlalu berat di depan, nanti enggak jalan. Pak Jokowi mau naikkan ekonomi, harus jalan dulu," tukasnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed