Follow detikFinance
Selasa 25 Jul 2017, 16:52 WIB

Kajian Dilanjutkan, Pindah Ibu Kota ke Luar Jawa Bisa Tiru Negara Ini

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kajian Dilanjutkan, Pindah Ibu Kota ke Luar Jawa Bisa Tiru Negara Ini Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pemerintah tetap melanjutkan kajian pemindahan ibu kota dari Jakarta ke kota baru di luar Jawa, meski tak mendapatkan restu dari DPR terkait dana tambahan Rp 7 miliar. Kajian yang dilakukan pemerintah akan menyasar ke seluruh aspek, termasuk lokasi dan jarak pindah.

Kota baru pusat pemerintahan nanti sendiri rencananya akan dibuat di luar Pulau Jawa. Pemindahan ibu kota dengan jarak yang lumayan jauh ini nantinya akan meniru rekam jejak negara-negara seperti Brasil, Nigeria, hingga Khazakstan yang sukses memindahkan pusat pemerintahannya dengan jarak yang lumayan jauh.

"Brasil itu pindah ibu kota dari Rio de Jenairo ke Brasilia itu kalau pakai pesawat kira-kira 2 jam, jauh lebih jauh kalau kita terbang dari Jakarta ke Balikpapan. Kemudian Khazakstan dari Almati ke Hangsana, dan Nigeria dari Lagos ke Pamuja. Artinya itu sudah biasa dilakukan," kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Pemindahan ibu kota juga menjadi bagian dari rencana pemerintah membentuk 10 kota baru dalam rangka menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di pulau-pulau lainnya.

Mengenai pendanaan, Bambang meyakini, pemindahan ibu kota juga akan dikaji untuk sumber pembiayaannya. Pemerintah sendiri akan berusaha untuk tidak membebani APBN dan menggandeng swasta.

"Membentuk kota baru tentu bagian dari kajian. Itu supaya proses ini tidak akan memberatkan APBN, dalam pengertian, kita buat skema yang membuat kebutuhan APBN seminimal mungkin atau bantu APBN dengan skema swasta dalam proses pemindahan, kalau sudah diputuskan lokasinya," tandasnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed