Follow detikFinance
Selasa 25 Jul 2017, 19:12 WIB

Pindahkan Ibu Kota, RI Harus Bangun Kota yang Benar-benar Baru

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Pindahkan Ibu Kota, RI Harus Bangun Kota yang Benar-benar Baru Foto: Dok.
Jakarta - Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) tengah melakukan kajian pemindahan ibu kota ke luar Jakarta. Beban Jakarta yang semakin berat menjadi salah satu alasan pemerintah berencana memindahkan ibu kota.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan pihaknya masih menunggu kajian daei Bappenas selesai.

"Kajian di Bappenas. Saya siapkan planning tapi belum spesifik, kita kaji semua," kata Basuki di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Basuki menambahkan, ibu kota baru nantinya juga akan dilengkapi dengan berbagai sarana penunjang layaknya Jakarta. Beberapa gedung pemerintahan juga akan dibangun di sana.

"Kalau mau pindah ya, kota baru bukan di Palangka Rayanya. Kota baru yang benar-benar dibangun. Semua kebutuhan kota, jalan," tutur Basuki.

Tujuan memindahkan ibu kota adalah mengurangi kepadatan di pusat pemerintahan. Jika ibu kota yang baru memiliki kepadatan yang tinggi maka tidak ada bedanya dengan Jakarta saat ini.

Basuki menambahkan, kajian yang dilakukan Bappenas hingga akhir tahun ini nantinya memutuskan apakah perpindahan ibu kota dilanjutkan atau tidak.

"Kajiannya cuma yes go or no go, pindah atau enggak. Pindah kenapa, enggak kenapa, nanti diputuskan. Itu political decision," tutup Basuki. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed