Follow detikFinance
Kamis, 27 Jul 2017 00:43 WIB

Penyelundup Sabu Ditangkap, Sri Mulyani: 2 Juta Orang Terselamatkan

Muhammad Abdurrosyid - detikFinance
Foto: Muhammad Abdul Rosyid Foto: Muhammad Abdul Rosyid
Jakarta - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dan Polri telah mengungkap jaringan penyelundup sekitar 281,6 kilogram sabu di Pluit, Jakarta Utara. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan pengungkapan itu telah selamatkan 8 juta orang.

"Bayangkan kalau 1 ton itu sekitar lebih 6 juta pemakai, berarti ini sekitar 1,5 juta hampir 2 juta (orang)," ungkap Sri Mulyani di lokasi penggerebekan, kompleks Perumahan Muara Karang Blok D3 Selatan Nomor 16, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (26/7/2017).


Sri Mulyani mendapatkan informasi dari tim DJBC sore tadi telah dilakukan penangkapan terhadap penyelundup sabu. Proses ini sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa bulan terakhir, namun memang perlu penelusuran lebih lanjut untuk memastikan.

"Dari luar tidak kelihatan kalau ini adalah tempat penyelundupan karena seluruhnya seperti mesin biasa. Tapi kalau dilihat lebih detail, sebelah katanya itu sudah dibuka dan masing-masing di dalamnya hampir 32 bungkus sampai 35 bungkus di setiap mesin yang berjumlah 8 mesin," jelasnya.


Rumah yang dijadikan area penyelundupan tersebut diketahui sudah disewa selama satu tahun terakhir. Truk pembawa mesin pengolahan sabu berhenti di rumah tersebut, padahal seharusnya menuju Cengkareng.

Sri Mulyani pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar peka terhadap lingkungan. Khususnya terhadap rumah tampaknya kosong namun sering ada aktivitas kendaraan keluar masuk.

"Karena ini kejadiannya di rumah kosong yang dilakukan sebagian tempat penghidupan, yang untungnya 3 institusi ini bekerja luar biasa sangat erat," tandasnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed