Follow detikFinance
Senin 31 Jul 2017, 09:54 WIB

15 Ramalan Orang Berharta Rp 1.000 T yang Jadi Kenyataan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
15 Ramalan Orang Berharta Rp 1.000 T yang Jadi Kenyataan Ilustrasi Foto: Ari Saputra
Jakarta - Pendiri Microsoft sekaligus salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates 18 tahun yang lalu membuat prediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Dalam buku "Business @the Speed of Thought" Bill Gates membuat 15 prediksi yang sangat menghebohkan kala itu. Mengutip businessinsider.com ada beberapa prediksi Gates jadi kenyataan di rentang waktu 1999-2017.

Mau tau apa saja yang diprediksi manusia dengan harta lebih dari Rp 1.000 triliun ini? Berikut daftarnya:

- Situs perbandingan harga
Dalam bukunya, Bill Gates menyebutkan pelayanan untuk perbandingan harga otomatis ini akan berkembang. Perbandingan ini memungkinkan orang untuk melihat harga-harga yang ada di sejumlah situs atau website. Cara ini mempermudah orang untuk mendapatkan harga termurah dari seluruh industri.

Sekarang, anda bisa merasakan betapa mudahnya mencari produk di Google dan Amazon untuk informasi harga yang berbeda dan mencari harga terbaik. Contohnya seperti NexTag dan PriceGrabber memang dibuat untuk membandingkan harga-harga yang ada. Kemudian juga ada Priceza dan Trivago untuk membandingkan harga hotel dari seluruh situs penyedia layanan.

- Perangkat Mobile
Saat itu Gates menyebutkan, orang-orang akan membawa sebuah perangkat kecil yang bisa terus menghubungkan dan menjalankan bisnis di manapun mereka berada. Orang-orang bisa membaca berita, memeriksa penerbangan yang dipesan, informasi dari pasar keuangan dan melakukan apapun dengan perangkat ini.

Apa yang dilihat sekarang? Ya ada handphone pintar dan jam tangan pintar. Mulai dari android hingga Apple Iphone.

- Pembayaran instan, pembiayaan atau kredit online serta perawatan kesehatan secara online.
Prediksi Gates saat itu, orang-orang akan melakukan pembayaran dan mengurus tagihan hingga berkomunikasi dengan dokter melalui internet.

Saat ini, semuanya bisa dilakukan lewat teknologi. Misalnya melakukan perawatan kesehatan dengan mudah, semudah memesan layanan di Uber. Contohnya situs ZocDoc yang memudahkan masyarakat saat mencari dan membuat jadwal konsultasi dengan dokter. Kemudian startup seperti One Medica and Forward coba mengubah klinik fisik dokter menjadi layanan kesehatan online dan menggunakan basis data.

Saat ini anda juga bisa mengajukan pinjaman secara online melalui situs seperti Lending Club dan dengan mudah melakukan pembayaran melalui aplikasi seperi PayPal dan Venmo.

- Asisten Pribadi dan semua layanan lewat internet
Prediksi Bill Gates waktu itu mengatakan "Teman pribadi" akan dikembangkan. Sang teman akan menghubungkan dan menyingkronkan seluruh perangkat cerdas anda baik di rumah atau di kantor.

Kemudian dia juga bisa mengatur pertukaran data. Misalnya, perangkat akan memeriksa kotak masuk email anda dan memberitahukan ke anda. Contoh lain, anda bisa mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan saat anda pergi ke toko, misalnya memberitahu apa saja resep yang ingin disiapkan dan dia juga akan membimbing anda untuk mengambil barang apa saja yang dibutuhkan untuk rencana tersebut. Mereka akan menyesuaikan diri secara otomatis dengan apa yang sering anda lakukan.

Sekarang anda bisa mendapatinya di Google Now yakni sebuah asisten cerdas yang ada di perangkat seluler. Kemudian perangkat pintar seperti Nest juga mengumpulkan data rutinitas harian anda dan secara otomatis menyesuaikan kegiatan di rumah anda termasuk suhu ruangan.

Kemudian ada juga gelombang perangkat yang dikontrol melalui suara seperti Echo Amazon dan Google Home. Ini memudahkan ada untuk mendapatkan bimbingan mendapatkan resep saat anda memasak tanpa harus menyentuh perangkat telepon.

- Mengawasi rumah secara online
Gates memprediksi sebuah alat video yang mengawasi rumah akan menjadi hal yang biasa. Perangkat ini akan memberitahu anda saat seseorang berkunjung saat anda tak ada di rumah.

Saat ini, Google telah membeli Dropcam, sebuah perusahaan pembuat kamera pengintai rumah seharga US$ 555 juta pada 2014. Namun itu baru permulaan, ada juga Ring, yang membuat kamera untuk bel pintu yang cerdas dan memungkinkan anda bisa melihat siapa saja yang ada di depan pintu anda.

Lalu ada juga jenis kamera seperti Petcube uang memungkinkan anda untuk bermain dengan hewan peliharaan anda meskipun anda sedang bepergian.

- Media Sosial
Situs pribadi untuk teman dan keluarga akan bermunculan dan menjadi hal yang umum. Situs memungkinkan anda mengobrol hingga merencanakan acara.

Apa yang kita lihat sekarang? Facebook, ya hampir 2 miliar orang di bumi sudah menggunakan jejaring sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini. Facebook membuat anda melihat apa saja yang dilakukan dan direncanakan teman anda. Kemudian ada media sosial lain seperti Snapchat, Instagram, WhatsApp dan Facebook Messenger.

- Penawaran promosi otomatis
Bill Gates memperkirakan sebuah perangkat lunak atau software bisa mengetahui kapan anda memesan perjalanan dan menggunakan informasi tersebut untuk menyarankan kegiatan di tempat sekitar tujuan anda. Ini juga akan menyarankan kegiatan, diskon, hingga penawaran harga yang lebih murah untuk anda.

Saat ini sudah ada situs perjalanan seperti Expedia dan Kayak yang menawarkan kebutuhan anda berdasarkan data pembelian sebelumnya. Kemudian Google dan Facebook juga bisa memberikan iklan promosi berdasarkan lokasi dan minat pengguna. Airbnb juga memungkinkan orang tinggal di rumah daripada di hotel, mulai menawarkan perjalanan khusus ke sejumlah destinasi sehingga anda juga bisa merasakan sensasi menjadi orang lokal.

- Hidupnya situs diskusi olahraga
Saat itu Gates memprediksi. Ketika orang menonton kompetisi atau pertandingan olahraga di televisi memungkinkan penonton bisa mendiskusikan apa yang sedang terjadi dan bisa mengikuti kontes untuk memilih siapa yang akan menang.

Sekarang sekumpulan situs media sosial bisa melakukan ini. Twitter menjadi rajanya dan jejaring sosial berlogo burung biru ini bisa menyajikan streaming beberapa permainan. Kemudian anda juga bisa memberikan komentar secara realtime di situs olahraga seperti ESPN.

- Iklan Pintar
Dia memprediksikan dunia periklanan akan menjadi lebih pintar dari biasanya. Mereka akan mengetahui tren pembelian dan akan menampilkan iklan yang sudah disesuaikan dengan preferensi anda.

Saat ini anda bisa melihat di Facebook, Google atau layanan yang memiliki fasilitas iklan. Sebagian besar layanan iklan di fitur ini pengiklannya menargetkan penjualan berdasarkan riwayat klik, minat dan pola pembelian mereka.

- Tautan ke situs selama siaran tv berlangsung
Dia memperkirakan siaran televisi akan mencakup tautan ke situs website dan konten yang saling terkait untuk melengkapi acara apa yang sedang ditonton.

Sekarang, hampir seluruh iklan memiliki informasi yang meminta pemirsa untuk pergi ke situs web, seperti bisnis di Twitter atau memindai kode QR untuk menambahkan di Snapchat. Jarang sekali rasanya melihat siaran tanpa situs web.

- Papan diskusi online
Prediksi Gates saat itu adalah warga kota dan negara akan bisa melakukan diskusi berbasis internet atau online mengenai isu-isu yang berkembang seperti politik, perencanaan kota dan keamanan.

Apa yang terjadi sekarang?

Anda bisa melihat sebagian besar situs berita memiliki kolom komentar di mana pembaca bisa sekaligus berdiskusi di forum tersebut. Orang juga bisa bertanya dan menanggapi pertanyaan tertentu. Twitter dan Facebook berperan dalam revolusi politik di Libya, Mesir dan Tunisia serta gerakan Black Lives Matter di Amerika Serikat (AS).

- Situs online berbasis minat
Dia memprediksi komunitas tak akan lagi terpengaruh oleh lokasi. Tapi ketertarikan anda bisa diakomodasi dalam satu situs.

Sekarang semua jenis situs berita dan komunitas online fokus pada satu topik. Jadi banyak situs berita sudah diperluas namun juga spesifik membahas jenis berita. Contoh yang baik adalah Reddit yang sukses membagi subkelompok atau subreddit yang berfokus pada minat dan dari mana anda berasal.

- Software untuk manajemen proyek
Prediksinya menyebutkan, manajer proyek yang ingin membuat tim bisa dilakukan secara online hingga menjelaskan proyek dan menerima rekomendasi untuk orang-orang yang tersedia dan sesuai dengan persyaratan pekerja.

Saat ini sudah tersedia aplikasi Ton, sebuah perangkat lunak yang bisa membuat alur kerja sama seperti di ruang rapat. Anda bisa merekrut, membentuk tim dan memberikan tugas kepada orang lain yang menjadi rekan anda.

- Merekrut seara online
Menurut dia, orang-orang bisa mencari dan menemukan hingga mendapatkan pekerjaan idamannya secara online dengan hanya mencantumkan minat, kebutuhan dan keterampilan khusus mereka.

Contohnya saat ini, situs Linkedln memungkinkan pengguna mengunggah resume dan mencari pekerjaan berdasarkan minat dan kebutuhan. Sehingga perusahaan yang membutuhkan karyawan bisa mencari berdasarkan keahlian khusus.

- Perangkat lunak komunitas bisnis
Prediksi Bill Gates menyatakan perusahaan bisa menawar pekerjaan seperti apakah mereka mencari proyek konstruksi, produksi film atau kampanye melalui iklan. Komunitas ini dinilai efisien bagi kedua perusahaan besar yang melakukan pekerjaan lain yang biasanya tidak mereka lakukan.

Apa yang terjadi sekarang?

Banyak perangkat lunak perusahaan berfokus pada aspek sosial, sehingga pengguna dapat menjangkau bisnis lain dan memulai pembicaraan yang dapat menghasilkan proyek lebih besar secara langsung hanya menggunakan sebuah aplikasi. Komunitas ini seperti yang terdapat di Upwork yang bisa mengakomodasi kebutuhan bisnis dan menghubungkan dengan mudah ke mitra baru seperti desainer, penulis atau insitut lepas untuk melakukan pekerjaan secara freelance. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed