Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Agu 2017 09:58 WIB

Jokowi Bangun Bendungan Baliem di Papua Rp 4,7 Triliun

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Ilustrasi Foto: Sri Anindiati Nursastri/detikTravel Ilustrasi Foto: Sri Anindiati Nursastri/detikTravel
Jakarta - Ketahanan air juga menjadi salah satu fokus Pemerintah untuk memenuhi kebutuhan air baku dan ketahanan pangan di Papua. Dari 69 bendungan yang dibangun Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga tahun 2019 mendatang, salah satunya yang dibangun adalah Bendungan Baliem yang berlokasi di Papua.

Rencananya Bendungan Baliem bakal segera dilelang tahun 2018 mendatang setelah melewati proses penyusunan desain. Sebelumnya Bendungan Baliem menjadi satu dari sembilan bendungan yang direncanakan bakal dibangun tahun ini.

"Sekarang masih proses penyusunan desain. Rencana lelang tahun 2018," kata Kepala Pusat Bendungan Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ni Made Sumiarsih kepada detikFinance, Selasa (1/8/2017).

Made mengatakan, pembangunan Bendungan ini membutuhkan biaya sekitar Rp 4,7 triliun dan akan memiliki kapasitas tampungan air hingga 200 juta m3. Bendungan ini diperkirakan juga memiliki potensi pembangkit listrik 50 MW.

"Perhitungan kasar sekali, anggaran kira-kira Rp 4,7 triliun dengan kapasitas 200 juta m3," ungkapnya.

Bendungan Baliem di Papua juga menjadi salah satu yang dilakukan desain dan studinya dengan pendanaan dari Korea. Adapun proses pembangunan bendungan ini diperkirakan dapat selesai maksimal paling lama empat tahun. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed