Follow detikFinance
Selasa 08 Aug 2017, 18:06 WIB

Apa Tugas Raline Shah Sebagai Komisaris Independen AirAsia?

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Apa Tugas Raline Shah Sebagai Komisaris Independen AirAsia? Foto: Asep Syaifullah
Jakarta - AirAsia Indonesia telah menunjuk Raline Shah sebagai Komisaris Independen. Penunjukan ini menyusul persetujuan para Pemegang Saham PT Indonesia AirAsia kemarin.

"Kami juga ingin senantiasa relevan serta dekat dengan kaum muda dan generasi millenial. Dengan Raline, kami mampu meraih itu. AirAsia selalu berpikir out of the box dan sementara beberapa pihak mungkin akan heran, hal-hal seperti inilah yang justru membuat kami senantiasa relevan dan unggul atas pesaing," kata CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes, dalam keterangan tertulis, Selasa (8/8/2017).

Apa saja tugas Raline di AirAsia? Di negara-negara Barat, dewan komisaris biasa disebut board of directors atau board of managers, board of regents, dan board of trustees. Biasanya, komisaris masih 'orangnya' pemegang saham yang ditugaskan untuk mengawasi jalannya perusahaan.

Raline ditunjuk menjadi komisaris independen, artinya komisaris luar, yaitu anggota dewan komisaris yang bukan merupakan pegawai atau orang yang berurusan langsung dengan organisasi tersebut, dan tidak mewakili pemegang saham.

Komisaris independen diangkat karena dianggap mampu mengawasi operasional dan kinerja perusahaan meski berasal dari luar perusahaan itu sendiri.

Komisaris independen dianggap bisa bersikap objektif dan memiliki risiko kecil dalam conflict of interest perusahaan. Namun kelemahannya adalah kurangnya pengalaman dalam menangani masalah spesifik yang dihadapi perusahaan.

Tugas komisaris dan komisaris independen tetap sama, yaitu mengawasi operasional dan kinerja perusahaan dan memberi peringatan kepada direksi ketika terjadi hal-hal yang mulai menyimpang dari visi dan misi perusahaan.

[Gambas:Instagram]

(ang/mkl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed