Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 16:38 WIB

Panggil 3 Menteri ke Istana, Jokowi Tanyakan Soal Beras

Bagus Prihantoro Nugroho - detikFinance
Panggil 3 Menteri ke Istana, Jokowi Tanyakan Soal Beras Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Jakarta - Menko Perekonomian, Darmin Nasution, bersama Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, beserta Direktur Utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti, dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi minta penjelasan soal beras.

"Ya soal beras, pasokan aman enggak," kata Darmin saat ingin meninggalkan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Jokowi meminta kepada Darmin agar tidak ada kenaikan harga beras. Sehingga tidak membebani masyarakat, termasuk dari kelompok pangan lainnya seperti cabai, bawang, daging sapi serta lainnya. "Presiden ingin memastikan ya jangan bergerak lah harganya," ujarnya.

Di samping itu, Jokowi juga menanyakan soal penyaluran beras sejahtera (rastra). Diharapkan tidak ada lagi keterlambatan yang besar pengaruhnya terhadap angka kemiskinan di Indonesia.

"Bapak tanya, rastra sudah jalan enggak? Harus jalan. Memastikan hal-hal seperti itu," terang Darmin mengulangi pertanyaan Jokowi.

"Bulog mengatakan sanggup untuk melaksanakan penyaluran rastra. Jadi ya tidak ada hal yang luar biasa, Presiden hanya memastikan saja. Dan kita sudah jelaskan, sudah pastikan situasinya," paparnya.

Berdasarkan data sementara, Darmin meyakini pasokan aman sampai beberapa bulan mendatang. Panen juga masih berlangsung. Darmin menuturkan, belum ada pembicaraan soal impor beras.

"Oktober besok itu ada panen yang cukup besar. Panen yang besar, sehingga kalau dari sini ke Oktober itu panen masih cukup," ungkap Darmin. (mkj/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed