Follow detikFinance
Sabtu 12 Aug 2017, 11:50 WIB

Ke 8.000 Mahasiswa UI, Sri Mulyani: Do The Best For Your Country

Michael Agustinus - detikFinance
Ke 8.000 Mahasiswa UI, Sri Mulyani: Do The Best For Your Country Foto: Dok. Kemenkeu
Depok - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro pagi ini hadir di Balairung Universitas Indonesia (UI) sebagai pembicara dalam Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) UI.

Dalam acara tersebut, salah satu mahasiswa baru UI bertanya kepada Sri Mulyani mengenai apa yang memotivasi mantan Direktur Bank Dunia itu bekerja keras untuk negara. Di depan 8.000 orang mahasiswa baru UI yang hadir, Sri Mulyani menjawab bahwa sumber motivasinya adalah kecintaan pada negara.

"Apa yang memotivasi saya? Yang memotivasi saya, saya begitu cinta sama Republik ini. Kalau kamu cinta, kamu ingin melakukan yang terbaik, you want to do the best," kata Sri Mulyani di Balairung UI, Depok, Sabtu (12/8/2017).

Ia menuturkan, dirinya sedih melihat masih banyaknya rakyat Indonesia yang belum sejahtera. Dalam hal kecukupan gizi misalnya, 30% anak-anak Indonesia mengalami kekurangan gizi. Dibanding negara-negara lain, angka kekurangan gizi di Indonesia cukup tinggi. Sri Mulyani ingin melakukan sesuatu supaya masalah-masalah seperti kekurangan gizi ini dapat diatasi

"Kamu bisa melihat negaramu compare dengan negara lain. kita disebutkan punya anak-anak kurang gizi sampai 30%. Waktu besar mereka akan jadi beban sosial, ini bukan masalah sepele," ucapnya.

Dalam hal pendidikan, mayoritas rakyat Indonesia hanya lulus pendidikan dasar dan menengah. Sri Mulyani mengungkapkan bahwa rata-rata anak Indonesia cuma menempuh pendidikan selama 7,9 tahun. Jadi para mahasiswa baru UI adalah orang-orang yang beruntung.

"Rata-rata anak-anak Indonesia belajar di sekolah hanya 7,9 tahun. Kalian ini sudah lulus SMA, jadi anda (mahasiswa baru UI) setidaknya sudah 16 tahun sekolah, anda itu exception. Anda memiliki previlege. Kalau sampai anda yang duduk di sini tidak pernah mengucapkan rasa syukur, you never thing about others," ucapnya.

Sri Mulyani mengajak para mahasiswa baru UI untuk berkontribusi bagi masyarakat, memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Jangan hanya memikirkan diri sendiri saja.

"Kalau kita ingin Indonesia jadi negara maju, kita harus bangun sekolah, guru diberi gaji cukup, anak-anak diberi gizi bagus. Jadi motivasi saya ingin memberikan yang terbaik untuk negara. Do the best for your country," tutupnya. (mca/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed