Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 12:10 WIB

Klarifikasi Pajak Raffi Ahmad Tak Sesuai Aturan, Apa Dampaknya?

Hendra Kusuma - detikFinance
Klarifikasi Pajak Raffi Ahmad Tak Sesuai Aturan, Apa Dampaknya? Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Cara klarifikasi Raffi Ahmad soal masalah pajak beberapa waktu lalu memberikan dampak yang luas, bukan hanya kepada wajib pajak (WP) yang lain, melainkan pada internal Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) sendiri.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Prastowo mengatakan, klarifikasi Raffi Ahmad langsung kepada Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi memberikan dampak kepada wajib pajak lain dan juga pegawai pajak.

"Menurut saya, dampak ke WP ada beberapa, pertama ada perasaan diperlakukan berbeda, kedua merasa berhak melakukan itu juga atau dilakukan berbeda, ketiga ada semacam tuntutan untuk perlakuan standar dan transparan," kata dia.

[Gambas:Video 20detik]


Sedangkan dampak kepada Ditjen Pajak lebih kepada pegawai pajak yang memiliki tugas untuk mengklarifikasi.

"Ada beberapa, yang pertama kewibawaan institusi, kedua bingung dengan arah kebijakan pimpinan, ketiga, bingung dengan tindak lanjut atas wajib pajak outstanding, keempat merasa kewenangannya dilangkahi," tegas dia.


Kendati demikian, lanjut Prastowo, Ditjen Pajak harus menjaga wibawanya dan tetap menunjukan ketidakberpihakan kepada wp siapapun dalam persoalan perpajakan.

"Menurut saya harus dijaga, karena sehabis kejadian menurut saya potensi kesulitan dalam melakukan penegakan hukum dan penggalian potensi, karena ada kemerosotan kewibawaan dan ketidakjelasan orientasi kebijakan," tutup dia. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed