Follow detikFinance
Kamis 17 Aug 2017, 19:20 WIB

Paket Wisata Cinta Bakal Jadi Andalan Kepulauan Seribu

Danang Sugianto - detikFinance
Paket Wisata Cinta Bakal Jadi Andalan Kepulauan Seribu Foto: (Adipta Nur Pratama/dTraveler)
Jakarta - Kepulauan Seribu masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Kawasan ini pun tengah didorong pariwisatanya agar menjadi sumber penggerak roda perekonomian setempat.

Irmansyah, Bupati Kepulauan Seribu yang baru dilantik pada 13 Juli 2017 kemarin, mengaku sudah memiliki beberapa konsep untuk mendorong pariwisata. Menurutnya salah satu yang menjadi kekurangan pariwisata di Kepulauan Seribu lantaran tidak terintegrasinya promosi antar pulau.

"Kami akan membangun kebersamaan antar pulau. Serakang setiap pulau hanya promosi pulaunya saja, enggak ada promosi pulau untuk pulau lainnya. Jadi padahal jika wisatawan datang ke satu pulau bisa kita kunci untuk mengunjungi pulau lainnya," tuturnya di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (17/8/2017).

Menurut Irmansyah, banyak pulau di Kepulauan Seribu yang sebenarnya memiliki daya tarik wisata yang serupa sehingga bisa diintegrasikan. Misalnya membuat satu tema paket pariwisata tentang cinta.

"Ada Pantai Perawan di Pulau Pari, kemudian wisatawan bisa kita bawa ke Jembatan Cinta di Tidung. Lalu ada Pohon Jodoh di Pulau Bidadari, lalu ada Pohon Pengantin ada di Untung Jawa, ini menarik untuk jadi paket wisata. Banyak sekali sentuhan-sentuhan yang bisa menarik wisatawan," terangnya.

Selain itu, Irmansyah juga membidik wisatawan dari Jakarta di daratan. Dia berencana membuat satu pulau yang dekat dengan Jakarta yakni Pulau Onrust menjadi kawasan wisata kuliner. Bukan hanya itu dia ingin membuat konsep perjalanannya layaknya sebuah Cruz.

"Pulau Onrust itu hanya 20 menit dari daratan Jakarta. Ada peluang bagi wisatawan kesana terus balik lagi. Dan dalam perjalanan kita bisa buat hiburan di atas kapal sampai dia makan di pulau Onrust, semacam Cruz. Jadi warga daratan Jakarta tidak perlu lagi misalnya ke Puncak macet-macetan," tambah Irmansyah.

Namun itu merealisasikan hal itu, dia mengakui memang masih ada masalah dari sisi keterbatasan transportasi. Untuk itu dirinya akan mendorong bagi investor yang ingin berinvestasi di Kepulauan Seribu akan diarahkan untuk berinvestasi di sektor transportasi.

Selain itu, dia juga berencana mengembangkan akses internet melalui jaringan tv white space. Konsep pengembangan internet yang menggunakan jaringan tersebut menurutnya sudah dibuktikan sukses oleh Microsoft dan akan dibantu oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Saya enggak tahu teknisnya, tapi itu memanfaatkan frekuensi tv yang sekarang bermigrasi ke digital. Jadi jaringan ini kosong, dan luar biasa karena bisa tembus tembok," imbuhnya.

Untuk mengembangkan jaringan internet menggunakan jaringan tv white space menurut Irmansyah dibutuhkan untuk membangun semacam tiang penghubung di setiap 10 km. Jika jarak dari seluruh pulau di Kepulauan Seribu mencapai 100 km, maka dibutuhkan sebanyak 10 tiang.

Namun hal itu membutuhkan peran dari para investor. Untuk itu dirinya tengah menyiapkan proposal untuk menarik para investor. "Investasinya murah tidak sampai Rp 2 miliar. Itu sudah semuanya," tukasnya. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed