Follow detikFinance
Sabtu 26 Aug 2017, 12:27 WIB

Kenapa Banyak Orang Kaya Menunggak Pajak Mobil Mewah?

Hendra Kusuma - detikFinance
Kenapa Banyak Orang Kaya Menunggak Pajak Mobil Mewah? Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta menyebut ada 1.099 kendaraan mewah yang masih menunggak pajak, potensi penerimaan dari tunggakan tersebut mencapai miliaran rupiah.

Pemilik kendaraan yang menunggak ini berasal dari banyak kalangan, mulai dari artis, pejabat, hingga pengusaha.


Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA), Yustinus Prastowo mengatakan, penyebab banyaknya pemilik kendaraan mewah yang masih menunggak pajak bermacam-macam, mulai dari kelalaian hingga kesengajaan.

"Saya kira ada 3, pertama kelalaian karena kesibukan, belum balik nama, tidak aware, kedua merasa sudah menggunakan jasa sehingga semua beres, ketiga sengaja karena merasa ada yang melindungi, bisa menyogok petugas," kata Prastowo saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Lanjut Prastowo, seharusnya para pemilik kendaraan mewah di Indonesia lebih mudah sadar akan kewajibannya membayar pajak. Apalagi, secara ekonomi lebih mampu. Tidak hanya itu, tingkat kepatuhan pajaknya juga seharusnya lebih tinggi.

"Di PKB, berlaku SKPP (surat ketetapan kewajiban pembayaran) di STNK," jelas dia.


Upaya yang dilakukan BPRD DKI Jakarta soal door to door, kata Prastowo sudah tepat guna meningkatkan kepatuhan para wajib pajak.

"Saya mendukung sebagai upaya menciptakan awarness sekaligus shock therapy pada wajib pajak," tukas dia. (mca/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed