Follow detikFinance
Selasa 29 Aug 2017, 15:58 WIB

Jokowi Sebut Momentum untuk Genjot Ekonomi Bertumpuk-tumpuk

Hendra Kusuma - detikFinance
Jokowi Sebut Momentum untuk Genjot Ekonomi Bertumpuk-tumpuk Foto: Dok. Biro Pers Kepresidenan
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pejabat kabinet kerja untuk memaksimalkan segala bentuk momentum guna menciptakan perekonomian nasional yang lebih baik.

Hal tersebut menjadi pembuka dalam sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

"Saya ingin berbicara masalah momentum, sekarang ini kita memiliki momentum kepercayaan internasional terhadap negara kita Indonesia. Ini yang harus kita manfaatkan betul-betul secepat-cepatnya, momentum tidak akan datang dua atau tiga kali. Ini momentumnya sudah ada ditangan," kata Jokowi.

Jokowi membeberkan, momentum yang pertama adalah terkait dengan peringkat layak investasi atau investment grade dari lembaga pemeringkat internasional yakni Fitch Rating, Moody's, dan S&P.

Lalu, peringkat Indonesia juga melonjak menjadi urutan keempat dari yang sebelumnya posisi delapan sebagai negara tujuan investasi. "Ini juga merupakan kepercayaan internasional terhadap kita," tambahnya.

Selanjutnya, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga berada di posisi pertama berdasarkan survei Gallup World Poll.

"Ini survei yang bukan survei biasa. Ini survei berkelas ini. Ini momentum lagi di dalam negeri kita sendiri," ungkap dia.

Adapun, momentum yang bisa dimanfaatkan pemerintah adalah terkait dengan kemudahan berusaha atau ease of doing business (EODB). Di mana, peringkat Indonesia berada di urutan 91.

Momentum tersebut, lanjut Jokowi, juga didukung dengan faktor dalam negeri seperti tingkat inflasi yang sudah di bawah 4%. Dan belum lama ini, Bank Indonesia juga menurunkan bunga acuan BI 7 Days Reverse Repo Rate menjadi 4,5%.

"Momentumnya bertumpuk-tumpuk, tetapi kalau kita tidak memanfaatkan betul ini jangan sampai ada yang enggak ngerti ada momentum ini," jelas dia. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed