Follow detikFinance
Minggu 03 Sep 2017, 18:42 WIB

Xi Jinping Siapkan Blok Baru Lawan Proteksionisme Trump

Maikel Jefriando - detikFinance
Xi Jinping Siapkan Blok Baru Lawan Proteksionisme Trump Presiden China Xi Jinping bersama Presiden AS Donald Trump (Foto: Pool)
Jakarta - Negara berkembang yang tergabung dalam kelompok BRICS berkumpul di China untuk membahas blok baru untuk mendukung keterbukaan ekonomi dan liberalisasi perdagangan. BRICS meliputi Brasil, Rusia, India dan Afrika Selatan.

China adalah tuan rumah dengan posisi sebagai benteng globalisasi, menghadapi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengusung proteksionisme perdagangan.

Apalagi setelah Trump mengancam untuk membatalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Menurut Trump, perjanjian tersebut hanya membunuh kesempatan kerja warga AS.

"Kita harus mendorong ekonomi dunia terbuka, mendorong liberalisasi perdagangan dan fasilitasi, bersama-sama menciptakan rantai nilai global yang baru, dan mewujudkan penyeimbangan ekonomi global," kata Xi kepada para pemimpin bisnis dan pejabat senior BRICS, seperti dilansir Reuters, Minggu (3/9/2017).

Xi optimistis dengan perkembangan BRICS dan beberapa negara berkembang lainnya. Meskipun ada yang menganggap blok tersebut dianggap telah pudar seiring dengan perlambatan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

"Perkembangan pasar negara berkembang dan negara berkembang tidak akan menyentuh keju siapa pun, namun dengan tekun akan menumbuhkan pagu ekonomi dunia," katanya.

Pertemuan ini berlangsung selama tiga hari hingga Selasa nanti. Selain BRICS, turut hadir Pemimpin dari Thailand, Meksiko, Mesir, Guinea dan Tajikistan. Sehingga bisa sekaligus membentuk BRICS Plus.

Senada dengan yang disampaikan Wakil Menteri Perdagangan China, Wang Shouwen sebelumnya. Bahwa pertemuan BRICS diharapkan dapat mencapai konsensus untuk menentang proteksionisme perdagangan dari Trump.

(mkj/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed