Follow detikFinance
Selasa 05 Sep 2017, 15:29 WIB

Jepang Minta Pemerintah RI Segera Tentukan Jalur Kereta Kencang JKT-SBY

Danang Sugianto - detikFinance
Jepang Minta Pemerintah RI Segera Tentukan Jalur Kereta Kencang JKT-SBY Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tengah melakukan uji kelayakan (feasibility study/FS) terhadap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Proyek ini rencananya akan didanai oleh Japan Internasional Cooperation Agency (JICA).

Namun pihak Jepang dalam hal ini JICA, meminta proses studi Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dipercepat. Mereka ingin segera mendapatkan hasilnya.

"Kereta Surabaya-Jakarta walaupun itu masih FS kan masih ada 3 opsi jalur atau pilihan. Apakah pake jalur yang lama atau jalur yang lama tapi direhab, atau dengan jalur yang baru melalui Solo. Itu menunggu FS dan mereka minta mana yang mau diputusin pemerintah. Mereka minta diputusin segera," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

BPPT tengah melakukan FS atas dua rute yang akan dipilih. Rute pertama yakni Jakarta-Cirebon-Surabaya dan yang kedua Jakarta-Solo-Surabaya.

Basuki juga mengatakan, proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya masuk dalam 7 proyek strategis RI yang diminati oleh pihak Jepang. Hal itu diutarakan saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Japan Global Exchange Forum di Istana pagi tadi.

Adapun 7 proyek strategis lainnya yang dimintai antara lain, Proyek Pelabuhan Patimban, Kereta Jakarta-Surabaya, MRT untuk fase dua dan East-West, pembangunan pulau-pulau terluar seperti di Natuna, Sabang, Morotai dan lainnya.

Kemudian, pembangunan Tol Trans Sumatera pada ruas Padang-Pekanbaru, kemudian terkait dengan pengembangan Blok Masela, dan mengenai Jakarta Sewerage System Project atau pengelolaan limbah di zona 6.

"Jadi 7 itu sudah oke mereka. Ada yang pinjaman ada yang investasi," tukasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed