Follow detikFinance
Rabu 06 Sep 2017, 18:13 WIB

Menhub Ingin Kecepatan Kereta Kencang JKT-SBY di atas 160 Km/Jam

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
Menhub Ingin Kecepatan Kereta Kencang JKT-SBY di atas 160 Km/Jam Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, bertemu Waklil Presiden Jusuf Kalla (JK). Materi yang dibicarakan adalah seputar proyek Pelabuhan Patimnban dan Kereta Kencang Jakarta-Surabaya.

Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan hasil pembahasan soal kereta kencang Jakarta-Surabaya. Salah satunya kecepatan kereta kencang harus di atas 160 km/jam.

"Kita minta di jalur eksisting kalau bisa percepat kegiatannya dan kecepatannya kira-kira di atas 160 km, mengapa? Supaya sehari itu kapasitasnya bisa dua kali kecepatannya," ujar Budi Karya di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (6/9/2017).

Menurut Budi Karya, pembangunan jalur kereta kencang Jakarta-Surabaya menggunakan jalur eksisting alias sudah ada. Pembangunan jalur kereta cepat diperkirakan akan menyelesaikan 500 sampai 800 perlintasan sebidang, sehingga menghilangkan kemacetan di perlintasan kereta

"Ada satu arahan yang menurut saya baik adalah pertama Jakarta-Surabaya. Diarahkan di jalur eksisting. Mengapa? Pertama, agar pembangunannya bisa cepat. Stasiunnya gak pindah-pindah," kata Budi Karya.

Selanjutnya, menurut Budi, bersama Menteri PUPR akan bertemu Staf Khusus Perdana Menteri Jepang bidang infrastruktur, Hiroto Izumi. Budi menambahkan, biaya pembangunan kereta semi cepat Jakarta-Surabaya bisa ditekan dari perkiraan Rp 80 triliun.

"Karena Pak basuki Punya cara yang lebih murah lagi dengan menggunakan flyover yang murah. Mungkin sekitar Rp 50 triliun," sebutnya.

Budi menambahkan, pemerintah akan menggunakan teknologi diesel untuk kereta semi cepat Jakarta-Surabaya. Anggaran revitalisasi kereta akan sama dengan pembangunan jalan sebidang.

"Teknologinya tetap diesel," tutur Budi Karya. (fiq/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed