Follow detikFinance
Senin 11 Sep 2017, 15:28 WIB

Kejar Target Ekonomi Tumbuh 5,4%, Sri Mulyani Andalkan Investasi

Hendra Kusuma - detikFinance
Kejar Target Ekonomi Tumbuh 5,4%, Sri Mulyani Andalkan Investasi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan, kunci utama pemerintah untuk merealisasikan target pertumbuhan ekonomi di tahun depan yang sebesar 5,4% adalah investasi.

"Tetap investasi, itu kunci utama. Semua neraca yang bisa tumbuh di atas 5% adalah investasi," kata Sri Mulyani di Komisi XI Jakarta, Senin (11/9/2017).

Dia menyebutkan, pemerintah akan terus membenahi iklim investasi di Indonesia untuk mengundang para investor masuk. Seperti China dan India yang pertumbuhan ekonominya di atas 6-7%.

"Kalau dilihat China dan India yang tumbuh di atas 6-7% growth-nya investasinya di atas double digit. Maka bagaimana kami bisa ciptakan iklim invetasi," jelas dia.

Meski demikian, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini juga menyebutkan, pemerintah membutuhkan usaha ekstra dalam merealisasikan target pertumbuhan ekonomi di 2018.

Dia memastikan, konsumsi rumah tangga haru tumbuh di level 5,1%, investasi tumbuh di level 6,3%. Khusus investasi, komponen yang masih menjadi 'PR' pemerintah adalah bagaimana membuat pertumbuhan kredit perbankan sesuai dengan target yakni sekitar 8%-10%.

"Untuk investasi agar bisa capai pertumbuhan ekonomi 5,4% harus 6,3% kalau dilihat dari pertumbuhan per komponen investasi yang harus jadi PR bersama kredit growth perbankan, pasar modal, capex BUMN dan kepercayaan dari perusahaan untuk mulai lakukan investasi, diharapkan perusahaan dalam situasi wait and see sudah mulai ada trigger confidence untuk bisa mulai lakukan ekspansi usaha atau invest baru. Kalau BI miliki proyeksi kita bilang titik itu dilakukan melalui usaha-usaha yang extra dari pemerintah dan puhak lain," tukas dia.

(mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed