Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 16:45 WIB

Puan, Luhut, Darmin, dan Wiranto Ajukan Anggaran Rp 1,5 T untuk 2018

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Puan, Luhut, Darmin, dan Wiranto Ajukan Anggaran Rp 1,5 T untuk 2018 Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Empat Menteri Koordinator (Menko) Kabinet Kerja mengajukan anggaran dengan total Rp 1,558 triliun untuk 2018. Pengajuan anggaran ini disampaikan ke Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Rinciannya, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani, mengajukan anggaran Rp 382,5 miliar. Angka ini naik sekitar Rp 0,56 miliar dibandingkan anggaran tahun lalu.

"Pagu Kemenko PMK adalah Rp 382,1 miliar, Rp 0,56 miliar dari 2017 naik. Alokasikan dua program, pertama manajemen lingkungan dan koordinasi pembangunan PMK," kata Puan saat rapat di Banggar DPR, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Selanjutnya, Menko Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, mengajukan anggaran sebesar Rp 343 miliar. Angka tersebut naik Rp 60 miliar dari usulan awal Rp 282,3 miliar.

Dana tersebut akan digunakan untuk penguatan pertahanan nasional hingga relokasi lembaga pemasyarakat baru. Relokasi Lapas dinilai Wiranto sangat diperlukan karena sudah terlalu penuh.

"Total pagu indikatif Rp 282,3 sekian miliar. Ini sebenarnya sudah cukup tapi ada satu tambahan-tambahan kegiatan. enggak mungkin kita lepaskan. Di sini kita ingin dapat tambahan Rp 60 miliar," kata Wiranto.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution, mengajukan anggaran Rp 533,1 miliar. Kebutuhan dana tersebut di antaranya dibutuhkan untuk percepatan perizinan hingga pembangunan gedung perizinan yang terpusat di satu atap.

"Nah dengan adanya pekerjaan khusus dan tambahan itu, izinkan kami mengusulkan kembali angka pada RAPBN pada waktu diusulkan, yaitu Rp 533,1 miliar," tutur Darmin.

Menko Kemaritiman, Luhut B Panjaitan, mengajukan anggaran sebesar Rp 300 miliar. Anggaran tersebut akan digunakan untuk mempercepat proyek pembangunan di bawah Kemenko Maritim.

"Alokasi anggaran 2018 Rp 300 miliar. Pembelanjaan pagu anggaran per program kemungkinan ada perubahan organisasi di Kemenko Maritim pekejraan sangat challenging banget ada sedikit perubahan." pungkas Luhut. (ara/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed