Follow detikFinance
Jumat 15 Sep 2017, 19:20 WIB

Rest Area Tol akan Diwajibkan Bikin Gerai UMKM

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Rest Area Tol akan Diwajibkan Bikin Gerai UMKM Foto: Dhani Irawan/detikcom
Jakarta - Pemerintah tengah menyiapkan aturan yang mewajibkan badan usaha jalan tol (BUJT) untuk menyediakan lokasi berjualan bagi usaha mikro kecil menengah (UMKM) di rest area jalan tol.

Guna membahas itu, hari ini diadakan rapat koordinasi di Kemenko Perekonomian dengan perwakilan dari Kementerian PUPR, yang diwakili oleh Dirjen Bina Marga, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Arie Setyadi Moerwanto, mengatakan aturan ini dibuat sebagai bentuk komitmen pemerintah terhadap UMKM di daerah, khususnya yang selama ini dianggap terkena dampak pembangunan jalan tol.

"Sekarang ini kan kritik terhadap jalan tol itu ada karena dia cepat dan lain-lain, sehingga katakanlah kemarin tukang jual telur dan lain-lain di Brebes kan jadi mati. Kita akan menyediakan lahan di rest area khusus buat UMKM," katanya saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Implementasi dari aturan ini rencananya akan dilakukan pada ruas-ruas tol yang masih baru akan dibuka. Alasannya, lokasi-lokasi rest area yang sudah ada sudah cukup ramai dan padat.

"Untuk tahap awal ini di ruas yang baru. Nanti kita lihat kalau yang lama seperti apa. Misalnya dari Brebes Timur sampai ke Surabaya kan ada beberapa yang baru-baru (ruas tolnya). Contohnya Solo-Kertosono, kita akan coba bangun di sana. Pokoknya tol yang baru-baru ini, begitu nanti dibuka akan ada lahan buat itu semuanya," jelasnya.

Guna mendorong pelaksanaan kebijakan ini, pihaknya akan membuat aturan tingkat menteri yang mewajibkan badan usaha menyediakan fasilitas untuk UMKM. "Nanti mungkin ada sedikit dengan Permen PUPR, menunjukkan keberpihakan kita untuk UMKM," tukas dia. (eds/mca)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed