Follow detikFinance
Selasa 26 Sep 2017, 11:43 WIB

Target Pemerintah: Sambung Tol Jawa 660 Km Hingga Trans Papua 4.300 Km

Muhammad Aminudin - detikFinance
Target Pemerintah: Sambung Tol Jawa 660 Km Hingga Trans Papua 4.300 Km Foto: Dok. Kementerian PUPR
Malang - Pemerintah pimpinan Joko Widodo (Jokowi) menjadikan infrastruktur sebagai fokus. Kondisi infrastruktur Indonesia harus lebih baik setiap tahunnya.

"Prinsipnya, jika sekarang sudah baik. Tahun depan harus lebih baik lagi," terang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, kepada wartawan usai membuka Konvensi Gabungan Empat Asosiasi Migas Indonesia, di Hotel Ijen Suites, Selasa (26/9/2017).

"Kalau mudik tahun ini sudah baik, tahun depan harus lebih baik lagi," sambungnya menjawab pertanyaan wartawan.


Basuki mencontohkan, ruas jalan tol Brebes-Semarang berawal dari jalur darurat, tahun depan harus berubah, tidak menjadi darurat kembali.

"Tahun ini, Bawen-Salatiga belum bisa masuk, tahun depan harus bisa sampai masuk, sampai Solo-Ngawi-Kertosono-Mojokerto-Surabaya, masuk. Jadi tahun depan harus lebih baik dari tahun sekarang," tegasnya.


Basuki juga menyampaikan rencana pembangunan Trans Jawa sepanjang 660 kilometer (km), Trans Papua dengan panjang 4.300 km, lalu Trans Sumatera 2.900 km.

"Untuk Trans Sumatera tidak bisa tahun ini, karena berat dan baru dimulai," ujarnya.


Sementara, lanjut dia, Trans Papua diharapkan 216 km bisa segera tersambung. Karena proyek pembangunan jalan sudah mencapai 3.800 kilometer. "Trans Papua mudah-mudahan 216 kilometer bisa sambung semua," tegasnya.

[Gambas:Video 20detik]


Khusus jalan tol Malang-Pandaan, Basuki menyebut, saat Lebaran tahun depan akan bisa dilalui oleh pengguna jalan. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed