Follow detikFinance
Minggu 01 Oct 2017, 15:23 WIB

Ini Risiko Besar Bila Catalonia Merdeka dari Spanyol

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Ini Risiko Besar Bila Catalonia Merdeka dari Spanyol Foto: REUTERS/Albert Gea
Jakarta - Pemerintah Spanyol berupaya keras menggagalkan kemerdekaan Catalonia. Sepertinya hal itu sangat logis, menimbang 20% ekonomi Spanyol berasal dari daerah yang terkenal dengan klub sepakbola, Barcelona tersebut. Di sisi lain Catalonia tengah menanti risiko besar.

Apa risiko bagi Catalonia?

Ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk keanggotaan di Uni Eropa (UE). Jika Catalonia dipaksa untuk secara mandiri mengajukan keanggotaan Uni Eropa, ia harus meyakinkan semua anggota blok saat ini untuk menyetujui kemerdekaannya, termasuk Spanyol.

"Saat ini kami tidak melihat jalan mudah bagi Catalonia untuk menjadi negara merdeka di dalam UE, karena kebanyakan pendukung kemerdekaan menginginkan," kata para ekonom Bank Berenberg dalam sebuah catatan seperti dikutip dari CNN, Jakarta, Minggu (1/10/2017).

Keluar dari Uni Eropa kemungkinan akan menaikkan biaya ekspor barang-barang yang diproduksi di Catalonia ke anggota Uni Eropa dan negara-negara lain.

"Ini akan bergabung dengan negara-negara yang bukan anggota World Trade Organization (WTO), yang berarti akan menghadapi hambatan perdagangan yang signifikan," kata Stephen Brown, seorang ekonom di Capital Economics.


Brown mengatakan, langkah tersebut akan meningkatkan harga barang impor di Catalonia dan mengakibatkan kerugian. Kemerdekaan juga bisa membuat pemerintah daerah lebih mahal untuk meminjam uang. Lembaga pemeringkat kredit Moody's dan S&P telah menurunkan peringkat utang Catalonia pada 2016.

Kawasan ini bisa terus menggunakan Euro sebagai mata uangnya, namun tidak memiliki hak di European Central Bank (Bank Sentral Eropa).

Pengadilan tertinggi Spanyol telah melarang referendum tersebut, menyebutnya tidak sesuai dengan ketentuan negara. Tapi pemerintah daerah separatis mendorong maju dengan pemungutan suara.


Lalu bagaimana risiko bagi Spanyol?

Spanyol dipastikan akan kehilangan sumber ekonomi. Salah satunya adalah penerimaan pajak yang jumlahnya cukup tinggi, karena perusahaan-perusahaan banyak menancapkan investasi di Catalonia.

Perpecahan akan membuat ekonomi Spanyol bergejolak dan mengalami ketidakpastian. Jika Catalonia menyatakan kemerdekaan secara sepihak, mungkin juga menolak untuk mengambil bagian dari utang nasionalnya.

"Meskipun tampaknya tidak ada dampak serius pada ekonomi Spanyol yang lebih luas sejauh ini, kemungkinan kepercayaan bisnis dan konsumen akan memburuk jika Catalonia memisahkan diri," kata Brown. (ara/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed