Follow detikFinance
Selasa 03 Oct 2017, 18:25 WIB

Sri Mulyani Lantik 170 Pejabat Eselon III Kemenkeu

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sri Mulyani Lantik 170 Pejabat Eselon III Kemenkeu Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Sebanyak 170 orang pejabat eselon III Kementerian Keuangan yang terdiri dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Badan Kebijakan Fiskal dan Sekretariat Jenderal hari ini resmi dilantik oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto.

Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menghadiri seremoni pelantikan tersebut menyampaikan pesan kepada pejabat yang baru saja dilantik itu. Dalam pesannya dia menyampaikan saat ini pejabat masih akan menghadapi tantangan ekonomi, sosial, politik bahkan keamanan.

"Tantangan harus dihadapi demi mencapai suatu negara yang maju, bermartabat, berdaulat, merdeka, bersatu adil dan makmur," kata Sri Mulyani dalam acara pelantikan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Dia menjelaskan, hari ini ada 164 pejabat dari Dirjen Bea dan Cukai yang dilantik. Menurut di DJBC merupakan institusi yang memiliki tugas untuk menjaga kedaulatan negara, keamanan dari segala ancaman terutama dari sisi masuknya barang ilegal seperti penyelundupan atau kejahatan di bidang pabean.

Sri Mulyani menambahkan, Bea dan Cukai harus menjaga namun juga memberikan pelayanan agar arus barang dari pelaku ekonomi bisa efisien. "Eselon III di institusi adalah posisi strategis, di mana bisa menggerakkan organisasi, fungsi dan tanggungjawab sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab," ujar dia.

Kemudian Sri Mulyani juga berpesan kepada pejabat dari Sekretariat Jenderal sebagai bagian yang mengurus administrasi, organisasi dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). "Sekjen itu tulang punggung Kemenkeu, menjaga dokumen agar tidak bocor, bagaimana kita membangun SDM agar berprestasi. Kemudian yang kurang bisa dibimbing agar berprestasi," imbuh dia.

Lalu dia juga memberikan pesan kepada pejabat yang dilantik dari Badan kebijakan Fiskal yang akan berpengaruh dengan kondisi sosial politik dan ekonomi yang semakin kompleks. "Perubahan teknologi pasti akan mengubah banyak sekali tata cara kehidupan berbangas ini, saya ingin BKF berperan di dalam dan memikirkan solusi kebijakan apa yang harus disiapkan sehingga bisa menciptakan stabilitas," tandas dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed