Follow detikFinance
Kamis 05 Oct 2017, 15:42 WIB

Toko Ritel Jakarta Tutup Karena Daya Beli Lesu, Bagaimana Surabaya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Toko Ritel Jakarta Tutup Karena Daya Beli Lesu, Bagaimana Surabaya? Risma (Foto: Dikhy Sasra)
Depok - Daya beli masyarakat Indonesia dinilai sedang mengalami penurunan terutama di Jakarta. Ditandai dengan banyaknya toko ritel ibu kota yang sepi hingga tutup. Namun, di Surabaya, isu pelemahan daya beli ini tidak mempengaruhi kegiatan perekonomian.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini menjelaskan kota yang dipimpinnya tidak terpengaruh dengan pelemahan daya beli. "Kami tidak pengaruh daya beli turun, belanja masyarakatnya masih tinggi," kata Risma usai acara Sarasehan Untuk Negeri di FEB UI, Depok, Kamis (5/10/2017).

Dia menjelaskan, untuk menjaga daya beli tersebut, pihaknya menata pedagang kaki lima (PKL) agar bisa berjualan di tempat yang disediakan. Hal ini dinilai efektif untuk tetap menjaga daya beli masyarakat.

"Untuk menjaga perputaran ekonomi, kami memberdayakan PKL untuk jualan. Kami juga berdayakan toko kelontong agar kapasitas jualnya bisa lebih besar," ujarnya.

Dia mencontohkan, misalnya satu toko membutuhkan beras 10 kilo gram untuk dijual, dengan pelatihan yang diberikan toko itu bisa menjual 100 kilo gram beras. Kemudian pihak pemerintah kota juga membantu akses ke distributor sehingga memudahkan penjual mendapatkan pasokan barang.

"Kalau aksesnya mudah, harganya bisa murah maka daya beli akan tinggi karena tidak ada masalah apapun. Kemudian kalau ada kelangkaan barang dan harga mahal, kami langsung gelar operasi pasar supaya harga lebih cepat stabil," imbuh dia.

Dia mencontohkan seperti musim Lebaran kemarin, Risma rutin menggelar operasi pasar untuk membuat pasokan daging dan harga bisa normal. "Untuk lebaran tahun depan juga sapinya sudah disiapkan dari sekarang agar tidak langka nanti-nantinya," jelas dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed