Follow detikFinance
Jumat 06 Oct 2017, 12:09 WIB

Merak-Probolinggo Tersambung Jalan Tol 1.270 Km Tahun Depan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Merak-Probolinggo Tersambung Jalan Tol 1.270 Km Tahun Depan Foto: Muhammad Abdurrosyid
Jakarta - Jalan tol Trans Jawa mulai dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur ditargetkan tersambung di 2018 mendatang. Rini pun berjanji akan duduk di belakang setir mobil dari Merak hingga Probolinggo akhir tahun depan.

"Di 2018 akan tersambung semua Trans Jawa ini pertengahan tahun depan bersama Jasa Marga sambung Merak sampai Probolinggo. Total kalau tersambung 1.270 km. Janji akhir tahun supir sendiri dari ujung ke ujung," kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat bincang santai di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10/2017) malam.

Dengan tersambungnya Merak hingga Probolinggo dengan jalan tol, diharapkan dapat melancarkan aktivitas perekonomian di Pulau Jawa. Selain itu, pengiriman logistik juga diharapkan bisa lebih cepat dan murah.

"Kalau tersambung semua tentunya akan melancarkan aktivitas ekonomi, pengiriman barang maupun pergerakan orang dengan mudah dan tidak perlu lagi (macet) berjam-jam," kata Rini.

Selain itu, pembangunan jalan tol juga bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas seiring semakin banyaknya jumlah kendaraan setiap tahunnya.

"Jalan-jalan kita sudah terlalu penuh. Padahal penjualan mobil motor meningkat," tutur Rini.

Rini juga bercerita bagaimana proyek-proyek jalan tol di Indonesia yang sempat mangkrak pada akhirnya bisa berjalan setelah diambil alih BUMN. Proyek ini mandek lantaran adanya kendala pembebasan lahan yang tak bisa diselesaikan oleh pihak swasta.

"Tahun 1996, izin-izin bangun jalan tol Trans Jawa banyak oleh swasta, tapi enggak pernah nyambung. Kemudian akhirnya dianalisa oleh teman-teman di BUMN Karya," kata Rini. (ara/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed