Follow detikFinance
Kamis 12 Oct 2017, 12:51 WIB

Stok Melimpah, Harga Bawang Turun Jadi Rp 20.000/Kg

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Stok Melimpah, Harga Bawang Turun Jadi Rp 20.000/Kg Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Sempat melonjak hingga Rp 40.000-an per kilo pada satu minggu lalu, kini harga bawang turun menjadi Rp 20 ribuan per kilo.

Harga bawang merah dan bawang putih turun. Sebelumnya, kedua bumbu dapur itu sempat dijual seharga Rp 40.000/kg.

Salah satunya di Pasar Pondok Labu, Jakarta Selatan.

"Bawang lagi turun. Bawang merah cuma Rp 25.000/kg dari Rp 40.000/kg. Kalau bawang putih juga turun dari Rp 40.000/kg jadi Rp 20.000/kg," kata Maimunah pedagang di Pasar Pondok Labu, kepada detikFinance, Kamis (12/10/2017).

Menurut Maimunah, harga bawang turun lantaran stok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, melimpah.

"Sekarang turun karena sudah banyak stok bawangnya di Pasar Induk. Kalau kemarin nggak ada mungkin karena cuaca juga bisa," sambungnya.

Sementara, ditemui di lapak yang berbeda, Emilia mengatakan penurunan harga bawang sudah terjadi 2-3 hari lalu. Dikarenakan pasokan bawang yang sudah banyak di Pasar Minggu.

"Kalau bawang sudah turun dari dua sampai tiga hari lalu karena sudah banyak panen. Saya ngambilnya dari pasar minggu, bawang merah dan bawang putih Rp 24.000/kg dari Rp 40.000/kg," jelas Emilia.

Lantas, bagaimana sikap masyarakat melihat perubahan harga bawang tersebut? Menurut Emilia masyarakat cenderung membeli berdasarkan harga.

"Jadi kalau yang murah bawang putih ya belinya yang bawang putih saja. Tapi kalau bawang merah ya beli bawang merah. Kalau dua-duanya lagi turun ya mix belinya," pungkasnya. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed