Follow detikFinance
Selasa 17 Oct 2017, 18:07 WIB

Penerimaan Pajak Kurang Rp 513 T, Ini Strategi Pemerintah

Hendra Kusuma - detikFinance
Penerimaan Pajak Kurang Rp 513 T, Ini Strategi Pemerintah Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta -
Pemerintah mencatat penerimaan pajak hingga September 2017 baru mencapai 60% atau Rp 770 triliun dari target Rp 1.283,6 triliun atau masih ada kurang 40% yang besarannya mencapai Rp 513 triliun.

Dalam mengejar sisa kekurangan penerimaan pajak yang 40%, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) akan mengandalkan data tax amensty.

"Setelah tax amensty ada banyak data yang dimiliki Ditjen Pajak, dari data itu dia memang ada dua hal, satu menambah WP, kedua menagih atas kewajiban WP, dua informasi ini sedang diolah untuk dipakai agar tax amensty itu datanya menjadi hilang percuma, jadi memang dari sana banyak terlihat lho kok banyak kebijakan, panik yah, bukan panik, karena data yang banyak yang muncul," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Bina Graha Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Darmin menilai, pengejaran potensi bermodal data yang diperoleh merupakan kegiatan yang wajar dan menciptakan keadilan.

Dia mencontohnya, seperti perusahaan sektor migas yang berasal dari luar negeri dipastikan untuk menjadi badan hukum agar otoritas pajak mampu mendeteksi pajaknya.

"Sekarang ada youtube enggak ada badan hukumnya, di negara lain pun standardnya tidak ada, akhirnya kalau sudah tercapai kesepakatan oke menghitung pajak you begitu, sekarang banyak yang belum selesai, karena memang bukan di Indonesia tetapi di manapun belum ada metode," ungkap dia.

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo memastikan, pemerintah masih optimistis mengejar kekurangan target penerimaan pajak yang sebesarnya Rp 513 triliun.

Menurut Mardiasmo, penerimaan pajak pada September tahun ini juga masih terbilang tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Ya kita coba untuk bisa memenuhi, kita usahakan semaksimal mungkin sesuai dengan reformasi perpajakan yang sudah kita lakukan dengan hasil tax amensty termasuk nanti yang lainnya. Kita usaha tetap berdoa lho," kata Mardiasmo.

Penerimaan pajak hingga September 2017 masih kurang 40% yang besarannya mencapai Rp 513 triliun.


(dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed