Follow detikFinance
Senin 23 Oct 2017, 12:04 WIB

Taksi Online Boleh Masuk Bandara Soekarno-Hatta, Dibatasi 500 Mobil

Ahmad Bil Wahid - detikFinance
Taksi Online Boleh Masuk Bandara Soekarno-Hatta, Dibatasi 500 Mobil Foto: Ahmad Bil Wahid
Tangerang - Induk Koperasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Inkoppol) bekerja sama dengan perusahaan transportasi online untuk menyediakan layanan di wilayah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kerja sama ini membuat keberadaan taksi online di Bandara Soekarno-Hatta menjadi legal.

"Sekarang dengan adanya Inkoppol mereka diharapkan bisa bergabung dan ada wadah resminya, yang selama ini bisa dikatakan ilegal. Dengan adanya Inkoppol harapannya adalah bahwa ini bisa terakomodir sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih nyaman karena tidak ilegal," kata Operation and Services Executive Manager Bandara Soekarno-Hatta, Djody Prasetyo, saat peluncuran kerja sama di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/10/2017).

Saat ini pihak Inkoppol baru bekerja sama dengan perusahaan Grab, sehingga baru taksi online yang berasal dari perusahaan itu yang diizinkan beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. Kuota yang tersedia untuk taksi online di Bandara Soekarno-Hatta sebanyak 500 taksi online.

"Kuota yang diberikan adalah 500 namun pada saat ini yang telah diberikan kartu pengawasan baru 60. Kita punya pentahapan saat ini adalah proses sosialisasi," kata Kepala Divisi Transportasi Inkoppol, Irjen purn Mudji Waluyo dalam kesempatan yang sama.

Nantinya akan disediakan titik penjemputan khusus bagi para penumpang taksi online di Bandara Soekarno-Hatta. Saat ini titik penjemputan telah disediakan di Terminal 1A, 1B, 1C, dan 2F. Dalam waktu dekat titik penjemputan juga akan dibuka di Terminal 2D, 2E, serta Terminal 3.
Taksi Online Boleh Masuk Bandara Soekarno-Hatta, Dibatasi 500 MobilFoto: Ahmad Bil Wahid
Mudji mengatakan, akan ada regulasi yang diberlakukan kepada taksi online yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. Para driver diwajibkan menjadi anggota Inkoppol serta wajib menempelkan stiker bertanya khusus.

"Sebenarnya ada 5 syarat yang perlu dicatat, yang pertama calon driver harus jadi anggota Inkoppol. Yang kedua menggunakan aplikasi Grab. Yang ketiga dia harus KIR, Selain KIR dia harus punya SIM A umum dan mereka juga harus memiliki stiker khusus bandara," ujarnya.
Taksi Online Boleh Masuk Bandara Soekarno-Hatta, Dibatasi 500 MobilFoto: Ahmad Bil Wahid
Mau ikut diskusi soal Aturan Baru Taksi Online? Yuk, ikut acara ocus Group Discussion, bertema: Mengupas Polemik Peraturan Transportasi Online yang diselenggarakan detikcom dan Kemenhub.

Acara yang digelar Pukul 09.00 WIB, Rabu 25 Oktober 2017 di Harris Vertu Hotel Harmon ini tidak dipungut biaya alias gratis lho, tinggal daftar saja langsung. Klik di sini.

[Gambas:Video 20detik]

(ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed