Follow detikFinance
Selasa 24 Oct 2017, 20:16 WIB

Harga Lelang Tertinggi 59 Mobil Mewah di Aceh Rp 11,8 Miliar

Agus Setyadi - detikFinance
Harga Lelang Tertinggi 59 Mobil Mewah di Aceh Rp 11,8 Miliar Foto: Dok. Bea Cukai Banda Aceh.
Banda Aceh - Sebanyak 59 mobil mewah berbagai merek dilelang Bea dan Cukai Aceh. Penawaran harga dibuka selama dua jam dan saat ditutup harga lelang tertinggi yaitu Rp 11,8 miliar.

Proses lelang digelar di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Banda Aceh (KPPBC TMP C Banda Aceh/Bea Cukai Banda Aceh), Selasa (24/10/2017). Ke-59 mobil mewah yang menjadi milik negara ini dilelang dalam satu paket. Lelang tersebut dilaksanakan sesuai dengan persetujuan Menteri Keuangan Nomor S-201/MK.6/2017 tanggal 01 Agustus 2017.

Kepala KPPBC TMP C Banda Aceh, Bambang Lusanto Gustomo, mengatakan, nilai limit untuk lelang satu paket mobil bukan baru ini yaitu Rp 8,266 miliar. Pelaksanaan penawaran lelang dilakukan dengan jenis penawaran melalui internet secara Open Bidding tanpa kehadiran peserta lelang.

"Penjualan dimuka umum/lelang terhadap barang yang menjadi milik negara ini digelar hari ini mulai pukul 11.00 - 14.00 WIB secara eauction open bidding," kata Bambang dalam keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Selasa (24/10/2017).

Menurut Bambang, pelaksanaan lelang diikuti oleh 16 peserta yang terdaftar dan telah menyerahkan jaminan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh sampai batas terakhir pada Senin (23/10) kemarin. Saat proses lelang berlangsung, para peserta saling mengajukan angka tertinggi. Tamu yang hadir ke kantor Bea dan Cukai pun dapat melihat langsung proses penawaran.

"Harga lelang tertinggi yang terbentuk tepat pada tadi siang jam 14:00:00 waktu server aplikasi adalah sebesar Rp.11.816.375.000,- (sebelas miliar delapan ratus enam belas juta tiga ratus tujuh puluh lima ribu rupiah)," jelas Bambang.

Bambang menjelaskan, pemenang lelang akan menyetorkan senilai harga lelang terbentuk ke kas negara, dan harus membayar Bea Lelang pembeli sebesar 2% dari harga lelang. Selain itu, juga harus membayar Bea Pencacahan sebesar 2,5% dari harga lelang, sewa gudang sebesar Rp.560.000.000. Nama pemenang lelang ini akan diumumkan oleh KPKNL.

"Uang itu dibayarkan ke rekening PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Malahayati serta Jasa Pra Lelang sebesar 15% dari harga lelang disetorkan ke rekening BCA an PT.Balai Lelang Artha," ungkapnya.

Pelelangan satu paket mobil berbagai jenis ini dilakukan Bea dan Cukai dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Banda Aceh dan PT Balai Lelang Artha. Rangkaian kegiatan lelang telah dimulai sejak 17 Oktober 2017 lalu dengan diumumkan secara resmi melalui Pengumuman Lelang Nomor: Peng-02/WBC.01/KPP.MP.02/2017.

Seperti diketahui, mobil yang dilelang satu paket ini di antaranya bermerek Lamborghini, Marcedes Benz, BMW, Mini Cooper, Land Rover, Lexus, Toyota, Honda, Jeep, Nissan, Lexus, Volkwagen, Madza, Audi dan lainnya.

Mobil Lamborghini yang masuk dalam paket lelang ini yaitu tipe Gallardo tahun 2003 dan Murcielago tahun 2001. Selain itu ada berbagai merek mobil lain keluaran tahun 1967 hingga 2005. Saat ini, mobil-mobil tersebut diamankan di Tempat Penimbunan Pabean (TPP) Pelabuhan Malayati, Krueng Raya, Aceh Besar, Aceh.

"Mobil ini masuk ke Aceh awal 2015 lalu. Setelah tiba, importirnya tidak mengurus atau tidak dipenuhi persyaratan-persyaratan kelengkapan impor," kata Kepala Kanwil Bea Cukai Aceh Agus Yulianto dalam konferensi pers di Kantor Bea dan Cukai Banda Aceh, di Banda Aceh, Rabu (18/10) lalu. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed