Follow detikFinance
Minggu, 29 Okt 2017 15:13 WIB

Laporan dari Taipei

Ikut Kurangi Polusi di Taipei, Yuk Naik YouBike

Dana Aditiasari - detikFinance
Foto: Dana Aditiasari Foto: Dana Aditiasari
Jakarta - Sejak tahun 2013, Pemerintah Kota Taipei memperkenalkan moda transportasi sepeda yang diberi nama YouBike. Tujuannya apa lagi kalau bukan mengurangi tingkat polusi di Taiwan khususnya Taipei.

Lewat program ini, pemerintah menyediakan sepeda agar bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin berpergian namun tak memiliki kendaraan. Sepeda YouBike bisa dengan mudah ditemukan di sudut-sudut jalan, stasiun bus dan pusat-pusat keramaian lainnya.

Sistem sepeda untuk umum berkelir kuning tersebut adalah dengan cara sewa berdasarkan waktu dan sepeda tersebut bisa dikembalikan di mana pun asal tersedia tempat parkir YouBike.

Untuk bisa menggunakan sepeda ini, masyarakat bisa melakukan pembayaran dengan kartu sejenis e-money dengan metode mirip ketika ingin naik Kereta Rel Listrik (KRL) atau Trans Jakarta di Jakarta.

Ami dan Saya Naik YouBike.Ami dan Saya Naik YouBike. Foto: Dana Aditiasari

Seiring berkembangnya teknologi, bentuk uang elektroniknya pun semakin beragam. Dua orang turis Jepang, Ami dan Saya di waktu yang sama ingin menyewa sepeda YouBike, menunjukkan gantungan berbentuk karikatur beruang yang ternyata bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Sama seperti di Indonesia, uang elektronik untuk pembayaran YouBike bisa dibeli di toko-toko ritel. Di sana, masyarakat juga bisa melakukan isi ulang alias top up.

Sepeda YouBike.Sepeda YouBike. Foto: Dana Aditiasari

Sementara untuk menggunakan YouBike, masyarakat cukup datang ke pusat-pusat pemberhentian YouBike berbentuk pemberhentian elektronik yang akan terbuka otomatis setelah melakukan transaksi pembayaran di mesin yang tersedia di samping area pemberhentian.

Sepeda YouBike.Sepeda YouBike. Foto: Dana Aditiasari

Berapa biaya memakai YouBike?

"Untuk 0-1 jam, tarifnya NT$ 5 per 30 menit. Itu sekitar Rp 2.250. Kemudian 1-4 jam, tarifnya NT$ 10 per 30 menit atau Rp 4.500. Dan 4-8 jam itu NT$ 20," ujar Maskun, seorang warga Indonesia yang sudah 13 tahun tinggal di Taiwan yang dijumpai detikFinance di Taipei, Minggu (29/10/2017).

Maskun Memperagakan Cara Menggunakan Sepeda YouBikeMaskun Memperagakan Cara Menggunakan Sepeda YouBike. Foto: Dana Aditiasari

Naik sepeda keliling kota Taipei tak perlu khawatir polusi, karena udara di kota ini tergolong bersih nyaris tanpa polusi. Program sepeda YouBike ini salah satu pemicunya. (dna/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed