Follow detikFinance
Rabu 01 Nov 2017, 11:47 WIB

Inflasi Oktober 0,01% Akibat Kenaikan Harga Cabai Merah dan Beras

Hendra Kusuma - detikFinance
Inflasi Oktober 0,01% Akibat Kenaikan Harga Cabai Merah dan Beras Foto: Citra Fitri Mardiana
Jakarta - Inflasi Oktober 2017 tercatat rendah, dengan realisasi 0,01%. Penyumbang inflasi terbesar adalah cabai merah dan beras yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan.

"Secara umum inflasi Oktober dipengaruhi cabai merah dan harga beras," ungkap Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto, dalam konferensi pers di Kantor Pusat, BPS, Rabu (1/11/2017).

Bila dibagi berdasarkan kelompok pengeluaran, ada 5 penyumbang inflasi. Adalah makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau dengan inflasi sebesar 0,28%.

"Yang memberikan andil di kelompok itu adalah mie instan, nasi lauk pauk, dan rokok kretek," sebutnya.

Selanjutnya kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,18%.

"Satu yang sumbang inflasi adalah tarif listrik 0.01% dengan catatan terjadi di kota batam, satunya kota yang tarifnya ditentukan pemda, ini terjadi RT pelanggan di 1300 VA dan 2200 VA, jadi terjadi Batam bukan di 82 kota," jelasnya.

Kelompok sandang menyumbang inflasi sebesar 0,18%. Kemudian kelompok kesehatan sebesar 0,21% dan kelompok pendidikan, rekreasi, dan olah raga sebesar 0,16%.

"Kelompok pendidikan ada misalnya kenaikan uang kuliah," terangnya.

Sedangkan kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi yaitu kelompok bahan makanan sebesar 0,45%. Kecuk menyebutkan ada penurunan harga daging ayam ras, ikan segar, sayuran kentang, tomat sayur dan bawang merah.

"Yang perlu dicatat, juga ada beberapa komoditas yang memberikan andil inflasi, cabe merah naik andilnya 0,05%, dan harga beras 0,04%, secara umum bahan makanan turun, tapi dua komoditas ini perlu diperhatikan," paparnya.

Deflasi juga terjadi pada kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan dengan 0,13%. "Ada penurunan tarif angkutan udara," pungkasnya. (mkj/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed